Usai Sudah Pilkades Bantaeng 2023, Perkuat Kembali Jalinan Bertetangga

 

Himbauan Pilkades 2023.
Safari Jum’at dipimpin Kapolres Bantaeng (10/11/23).

AMBAE.co.idBantaeng. Kabupaten Bantaeng belum lama ini melaksanakan pesta demokrasi tingkat desa yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Berlangsung serentak di tanggal 30 Oktober 2023 untuk 25 desa.

Saatnya merajuk keharmonisan semakin erat dan tidak menyisakan perselisihan. Karenanya Kapolres Bantaeng mengajak seluruh masyarakat Bantaeng, terutama warga masyarakat Desa Bonto Rannu di Kecamatan Ulu Ere.

“Siapapun yang terpilih sebagai Kepala Desa, itulah yang terbaik. Mari kita jaga situasi kamtibmas senantiasa tetap kondusif dan pererat kembali tali silaturahmi dengan saudara maupun tetangga meskipun beda pilihan,” pinta Kapolres Bantaeng, AKBP Andi Kumara SH, Jum’at, 10 November 2023.

Hal itu disampaikan dalam lawatannya di Masjid Nurul Ikhlas Desa Bonto Rannu. Diketahui desa di sisi Barat Daya Kabupaten Bantaeng itu juga mengikuti Pilkades Serentak 2023.

Read:  Didapuk Narasumber Ketiga Bincang Buku Relasi, Ilham Azikin: Literasi ala Kultural

Andi Kumara berharap jama’ah agar senantiasa menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif dan menjaga tali silaturahmi antar saudara maupun tetangga. Baginya, pelaksanaan Pilkades Serentak 2023 telah usai.

“Kehadiran Kapolres dan Dandim Bantaeng di masjid ini adalah untuk bersilaturahmi. Tujuannya untuk mempererat hubungan antara TNI Polri dengan masyarakat,” terangnya.

Turut bersama dirinya dalam giat bertajuk Safari Jum’at itu diantaranya Dandim 1410/Bantaeng, Letkol Inf Eka Agus Indarta, S.Psi, M.Psi. Tampak pula Kapolsek Ulu Ere, Koramil 1410-01 Bissappu, Pasi Intel Kodim Bantaeng, Dan Unit Inteldim Kodim Bantaeng, Babinsa dan juga Bhabinkamtibmas Desa Bonto Rannu.

“Ini sebagai wadah untuk menyampaikan informasi baik dari Kepolisian maupun dari TNI terkait situasi Kamtibmas di desa Bonto Rannu,” tuturnya.

Kembali menghimbau masyarakat agar menjauhi narkoba serta beberapa arahan menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Andi Kumara yang pernah menjabat Kasatlantas Polrestabes Makassar menekankan agar kamtibmas tetap terjaga.

“Terus terang, kami miris dengan banyaknya kasus-kasus penyalahgunaan narkoba dan itu sebagian besar pelakunya adalah anak-anak muda atau generasi milenial. SSebagian besar tahanan di Rutan klas IIB dihuni dengan kasus Narkoba,” jelas Kapolres asal Yogyakarta itu.

Tak hanya menjauhi narkoba, juga membantu aparat dalam memeranginya. Terlebih generasi muda yang menjadi sasaran empuk narkoba.

Read:  Kapolres Bantaeng Pesan Masyarakat Agar Mengurangi Plastik Sekali Pakai

Kejahatan narkoba kata dia merupakan extra ordinary crime yang berpotensi merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga penting menciptakan lingkungan yang sehat dari narkoba dan juga segala bentuk kejahatan lainnya.

“Narkoba ancaman untuk kita semua. Karena itulah peran serta semua pihak sangat diharapkan. Keberhasilan Penegak hukum pun ditentukan oleh sinergi dengan segala unsur,” tambahnya.

Menyinggung Pemilu 2024, pimpinan tertinggi Polres Bantaeng itu menjaga nama baik kampung halaman. Alangkah indah menurutnya jika desa dikenal karena situasi kamtibmas yang aman, kondusif dan tenteram.

“Tahapan Pemilihan Umum 2024 sudah berjalan. Mari wujudkan Pemilihan Umum 2024 yang aman, damai dan sejuk,” kunci dia.

Pemilu 2024 terdiri dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan Pemilihan Anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Berlanjut dengan Pemilihan Kepala Daerah yakni Gubernur serta Bupati/Walikota. (*)