Buruan Daftar Geopark Half Marathon 2023 Untuk 3 Kategori

 

Pelaksanaan Geopark Half Marathon 2023.
Press Conference Geopark Half Marathon 2023 (21/02/2023).

AMBAE.co.idMakassar. Kembali digulirkan tahun ini, event olahraga lari bertajuk Geopark Half Marathon 2023. Event ini dijadwalkan akan dihelat pada Ahad, 25 Juni 2023 mendatang dengan tema “Explore Maros Pangkep Aspiring UNESCO Global Geopark“.

Ada 3 kategori disiapkan untuk meramaikan event itu. Pertama kategori 5K dengan batasan waktu lomba atau diistilahkan COT (Cut Off Time) selama 1 jam 30 menit.

Kategori kedua yakni 10K dengan COT selama 2 jan 30 menit, dan kategori 21K dengan COT 4 jam. Terbuka untuk diikuti pelari laki-laki maupun perempuan.

Panitia pelaksana menerangkan, setiap peserta akan mendapatkan asuransi. Selain itu berhak mendapatkan race pack, diantaranya berupa nomor dada dan kaos lari.

“Asuransi sampai 1 bulan setelah acara. Biaya registrasi Rp 365 ribu untuk 21K, Rp 215 ribu untuk 10K, dan 5K sebesar Rp 165 ribu. Pendaftaran untuk komunitas secara kolektif sebenarnya sampai 18 Februari 2023, akan kita buka kembali sampai tanggal 28 untuk regis dan pembayaran,” kata Ketua Panitia Pelaksana Alfi Syahriana yang juga adalah Ketua event organizer Maros Runner Organizer.

Pada Press Conference and Dharing Session Geopark Half Marathon 2023 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan (Disbudpar Sulsel) itu, Alfi juga menyampaikan biaya registrasi untuk komunitas, masing-masing sebesar Rp 150 ribu, Rp 200 ribu, dan Rp 350 ribu untuk kategori 5K, 10K, dan 21K.

Read:  Pengurus Wilayah KKSS Jatim Resmi Bekerja Usai Dilantik di Batu

Terisa 104 hari lagi event Geopark Half Marathon 2023 akan digelar, titik start di destinasi wisata Air Terjun Bantimurung, Kabupaten Maros. Online registration bisa diakses di laman situs geoparkhm.com/reg atau melalui akun Instagram @geoparkhalfmarathon2023.

“Lombanya tanggal 25 Juni 2023, hari Minggu, start di Bantimurung, salah satu site di kawasan Geopark Maros-Pangkep. Saat ini peserta sudah 50 persen dari target, target kita 2000 sampai 3000 peserta. Untuk online registrasi mulai tanggal 19 Februari 2023,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Maros (Disparpora), Ferdiansyah mengatakan bahwa Geopark Half Marathon 2023 merupakan event kolaborasi antara pemuda dengan Pemerintah Kabupaten Maros, khususnya Disparpora Maros. Bahkan mendapat dukungan langsung dari Bupati Maros, Andi Syafril Chaidir Syam dan juga Wakil Bupati Maros, Hj Suhartina Bohari.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Maros. Melalui kegiatan ini, kami mendorong sport tourism khususnya lari, motor, dan offroad,” kata Ferdi.

Lanjut Ferdi, berharap pemberdayaan masyarakat dikedepankan dengan melibatkan para pemuda dan pemudi Maros. Sementara jalur lari, akan melintasi geosite-geosite dalam kawasan Geopark Maros-Pangkep.

“Kami selalu mengutamakan bagaimana pemuda di Maros bisa diberdayakan. Semoga kegiatan ini bisa memberi warna yang baru. Pelari akan melewati destinasi yang merupakan geosite Geopark Maros-Pangkep, di Bantimuring start-nya, juga ke Leang-leang, Rammang-rammang yang menjadi tempat spot terbaik,” pungkasnya.

Di kesempatan sama, Dedi Irfan selaku General Manager Geopark Maros-Pangkep mengapresiasi dukungan dan kerja sama serta partisipasi aktif dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Disbudpar Sulsel dan juga Pemerintah Kabupaten Maros melalui Disparpora Maros. Geopark Maros-Pangkep yang kini berstatus geopark nasional, sebentar lagi secara resmi menyandang predikat sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp).

“Ketika kita berbicara geopark, kita bicara kawasan. Maros ini ketika berbicara geopark, dari segi tourism dan segi lainnya selalu terdepan. Kalau kita bicara kawasan Geopark Maros-Pangkep, maka titik-titik penanda di kawasan, kurang lebih supportnya dari beliau (Red: Disbudpar Sulsel),” tegas Dedi.

Saat konferensi pers berlangsung di Gedung MULO Makassar itu, panitia mendudukkan 6 panelis. Di samping Dedi Irfan, Ferdiansyah, dan Alfi Syahriana, juga hadir Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Patarai A Burhan GS, Ardiansyah selaku Coach dari komunitas Night Run Vercity Club (NRVC) Makassar, dan juga Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan (Dispora Sulsel), H Suherman. (*)