Dekranasda SulSel Awali Car Free Day Era New Normal

Perdana Car Free Day Makassar.
Liestiaty F Nurdin (celana dan sepatu hitam) jogging bersama saat Car Free Day di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar (15/11/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) menggelar Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar pada Minggu pagi (15/11/20).

Tampil membuka kegiatan itu, Hj Liestiaty F Nurdin selaku Ketua Dekranasda SulSel. Dia menyebutkan bahwa CFD, di samping sebagai wadah mengeluarkan keringat melalui olah raga, juga jadi ajang silaturahmi.

“Hari ini kita berkumpul di tempat ini guna mengikuti kegiatan CAR FREE DAY. Menjadi yang pertama sejak Pandemi COVID-19 melanda hampir seluruh belahan bumi ini, termasuk Kota Makassar dan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan”, ungkap Lies.

Lanjut dikatakan Isteri Gubernur SulSel itu, CFD merupakan wadah bertemunya masyarakat pada semua tingkatan. Mengikuti serangkaian olah raga seperti jogging, senam, lari-lari ataupun bersepeda.

Read:  Ketua Dekranasda SulSel Targetkan 50 Produk UMKM Punya HaKI

Sementara itu, kawasan yang dijadikan lokasi CFD dibebaskan dari lalu lalang kendaraan bermotor untuk sementara waktu. Sehingga peserta CFD lebih leluasa menggunakan waktu yang diberikan menghirup udara segar serta berolah raga.

“Sebelum memulai kegiatan ini, Saya ingatkan untuk tetap memakai masker, senantiasa menjaga jarak aman minimal 2 meter dan juga mencuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer. Kita berharap COVID-19 dapat kita cegah penularannya agar tidak meluas”, pinta dia.

Pandemi COVID-19 menurutnya tidak harus menghalangi masyarakat melakukan aktifitas keseharian. Hanya saja, utamanya selama pandemi itu sendiri, protokol kesehatan sangat penting diutamakan.

“Tentu perlu kita perhatikan bersama, agar tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan. Kita tidak tau siapa di antara kita yang carrier, kita sehat karena kita peduli satu sama lain”, katanya.

Mencatatkan sebagai penggagas CFD perdana sejak Pandemi COVID-19 diumumkan Maret 2020, Dekranasda SulSel menggandeng Bank Indonesia Perwakilan SulSel. Beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lingkup Pemprov SulSel turut melibatkan diri berpartisipasi menyukseskan acara. (*)