SD Inpres Banta-bantaeng 1 Bangun Karakter Anak Melalui Dongeng

 

Kegiatan Mendongeng SD Inpres Banta-bantaeng 1.
Siswa dan siswi SD Inpres Banta-bantaeng I Makassar mengikuti games sebagai bagian dari Kampung Mendongeng Nasional (10/09/22).

AMBAE.co.idMakassar. Ada banyak cara membangun karakter anak, salah satunya melalui dongeng. Ini yang dikembangkan oleh SD Inpres Banta-bantaeng 1, Kelurahan Ballaparang, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Untuk memberi penguatan pendidikan karakter tersebut, sekolah berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lain. Seperti halnya kegiatan yang dilakukan lewat program Kampung Mendongeng Nasional pada Sabtu, 10 September 2022.

“Tim Kampung Mendongeng Nasional ini sudah dijadwalkan sejak 2 bulan lalu. Tujuan kegiatannya, untuk menumbuhkan kreativitas dan karakter anak,” jelas Kepala UPT SPF SD Inpres Banta-bantaeng 1, Hj Baena, S.Pd, M.Pd.

Kegiatan yang disponsori Teh Sisri ini menghadirkan pendongeng Rahmah dan Ani dengan bonekanya. Adapula seorang yang mengenakan baju boneka gulbat.

Read:  SDN 5 Lembang Cina Awali Deklarasi One Teacher One Innovation

Kegiatan ini dinilai bagus dan menarik, sehingga membuat anak-anak senang. Mereka berkumpul di lapangan menghadap panggung sembari mendengarkan dongeng. Selain itu ada juga beberapa permainan games, menyanyi dengan mendengar musik sambil bergerak, membuat anak bersemangat.

Setelah itu penyelenggara membagikan suvenir, bagi anak yang bisa menjawab kuis. Penyelenggara juga membagikan buku tulis kepada semua anak. Selain itu, juga dibagikan tumbler dan teh sisri, lalu diminum bersama.

“Terima kasih sudah memilih SD Inpres Banta-bantaeng 1 untuk kegiatan Kampung Dongeng Nasional ini,” kata Baena.

Pada kesempatan itu juga diserahkan plakat penghargaan dan dilakukan penandatanganan kesepahaman bersama atau MoU (Memorandum of Ourstanding).

Read:  MAN Bantaeng Fasilitasi Tasya Mendapatkan Kaki Palsu Dompet Dhuafa Sulsel
Kegiatan Mendongeng SD Inpres Banta-bantaeng 1.
Rombongan SD Inpres Banta-bantaeng I Makassar menghadiri event F8 di Pantai Losari (08/09/22).

Guna memberi pengalaman dan wawasan tentang dongeng, murid-murid SD Inpres Banta-bantaeng 1 juga diajak menghadir Makassar International Eight Festival atau populer dengan sebutan F8. Sebanyak 62 anak bersama 14 guru disertai orang tua, mereka hadir dalam ajang yang sudah masuk agenda pariwisata nasional (Kharisma Event Nusantara/KEN) ini pada Kamis, 8 September 2022.

Ibu-ibu itu merupakan orang tua murid yang tergabung dalam Kelompok Amal CERIA. Kehadiran warga SD Inpres Banta-bantaeng 1 untuk memenuhi undangan Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Di lokasi kegiatan, mereka sempat berfoto bersama dengan Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri A Palallo.

“Kami datang bersama menyaksikan keseruan kak Heru mendongeng dan pertunjukan Teaterikal Patimah Daeng Takontu Karaeng Bainea, yakni Putri Raja Sultan Hasanuddin yang berjuang melawan Belanda bersama kaum perempuan. Pasukan itu dikenal dengan pasukan Balira,” paparnya.

Anak-anak tentu saja gembira dan bersemangat. Mereka terhibur oleh dongeng yang dibawakan kak Heru. Mereka semakin gembira karena ada 3 orang yang mampu menjawab pertanyaan Games dan mendapat hadiah door prize. Pada kesempatan itu mereka juga dihibur oleh penyanyi cilik. (*)