SD Inpres Panaikang II/1 dan SD Inpres Pampang II Kompak Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77

 

Perayaan HUT 77 RI SD Inpres Panaikang II/1 dan SD Inpres Pampang II.
Tarik tambang diikuti siswa dan siswi SD Inpres Panaikang II/1 dan SD Inpres Pampang II Makassar (16/08/22).

AMBAE.co.idMakassar. “Tariiikkk… tariiikkk….. horeeee,” begitu teriakan penuh semangat yang disuarakan murid-murid SD Inpres Panaikang II/1 dan SD Inpres Pampang II di tengah lapangan sekolah. Masing-masing kelompok murid memberi semangat bagi sekolahnya, saat lomba tarik tambang yang diadakan pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Meski terlihat penuh keringat, tetapi anak-anak tetap semangat, sama sekali tak tampak capek di wajah mereka. Mereka pun menyatu sebagai satu tim meski dari kelas berbeda.

Lomba tarik tambang ini memang lebih mengedepankan kebersamaan dan kekompakan daripada kompetisi. Sebagaimana semangat perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia, yang diperingati setiap tahun.

Fajriani, S.Pd, Koordinator Umum, yang juga merupakan guru PJOK SD Inpres Panaikang II/1, menjelaskan bahwa masing-masing tim terdiri dari kelas 4, 5, dan 6, yang dibedakan atas kelas A dan kelas B. Pada tahap awal, lomba diadakan antara kelas A dan kelas B. Kedua tim saling berhadapan, kemudian yang menang mewakili sekolahnya dalam lomba tarik tambang tersebut.

Read:  Soal Penangkapan Pelaku Pencurian, KNPI Bontoala Apresiasi Kinerja Kepolisian

Pemandu acara, Hasbullah Husain Hispi, S.Pd, melalui pengeras suara, berulang-ulang mengingatkan anak-anak bahwa ini hanya lomba. Sehingga tidak perlu saling ejek dan merasa lebih unggul daripada yang lain.

Menurutnya, kita semua bersaudara, sama-sama merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77. Menariknya, lomba tarik tambang ini tak hanya antar-siswa tapi juga antar-orang tua siswa, dan antar guru.

Pengaturan lomba dibuat dan diorganisir oleh guru-guru dari SD Inpres Panaikang II/1 dan SD Inpres Pampang II, yang berada satu lokasi. Khusus untuk orang tua dan guru, lomba akan diadakan setelah upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2022.

Kemeriahan tak hanya terlihat pada lomba tarik tambang tapi juga lomba makan kerupuk. Wahidah Latief, S.Pd, panitia lomba makan kerupuk, menjelaskan bahwa peserta lombanya terdiri dari kelas 1, 2 dan 3.

Read:  Pemkot Makassar Gelar Ragam Kegiatan Dalam Memperingati Hari Ibu Nasional 2022

Sebelum final, masing-masing anak mengikuti lomba di kelasnya. Mereka yang keluar sebagai pemenang, kemudian tampil dalam babak final lomba makan kerupuk, yang diadakan tepat di depan teras ruang guru, yang disebut Paladang.

Ketua Panitia Lomba, Hendra Sanjaya, S.Pd, M.Pd, guru PJOK SD Inpres Pampang II, menjelaskan bahwa ada banyak mata lomba yang diadakan. Yakni, lomba lari kelereng, lomba memasukkan pensil ke dalam botol, lomba makan kerupuk, lomba lari karung, futsal, tarik tambang, lomba joget berebut kursi, lomba menyanyi solo, serta lomba senam maumere.

Masih ada lagi, lomba tarik tambang antara guru dan orangtua siswa, lomba menghapal Pancasila untuk murid kelas 1, 2, 3. Lomba menghapal UUD 1945 untuk siswa kelas 4, 5, dan 6.

Read:  Keakraban TNI-Warga dalam Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di SD Negeri Parinring

Selain itu, juga diadakan lomba tata boga menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna yang merupakan partisipasi orang tua dan diakhiri makan bersama. Khusus SD Inpres Panaikang II/1, diadakan lomba kebersihan dan keindahan antar-kelas.

Kepala UPT SPF SD Panaikang II/1, Bakhtiar, S.Pd, M.Pd, mengatakan sudah tiga hari ini kegiatan lomba 17-an dilakukan. Lomba masih akan berlanjut pada tanggal 17-18 Agustus 2022 nanti.

Bakhtiar mengapresiasi partisipasi orang tua siswa karena mereka ikut berkontribusi dalam berbagai kegiatan dan lomba. Menurutnya, pada momen seperti ini memang akan terlihat orang tua dan guru-guru yang mengambil inisiatif dan berkreasi mengelola kegiatan.

Mereka mengeluarkan semua potensinya demi suksesnya acara. Dan tentu saja, demi semaraknya perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77. (*)