One Bandung Kejar Target 30 Ribu di Maribaya Demi Sesuap Nasi

One dan kisahnya di The Lodge Maribaya.
One (tengah) bersama rekannya menjajakan dagangan di The Lodge Maribaya Bandung (25/04/19).

AMBAE.co.id – Bandung. Namanya One (63), rekan seprofesinya memanggil dia “One Bandung”. Pria tua ini sehari-hari berjualan di sekitar kawasan wisata The Lodge Maribaya atau The Lodge Woodland yang mana menyajikan wisata outbound atau alam bebas dengan sejumlah permainan menantang nyali.

One menjual blueberry sebagai oleh-oleh atau buah tangan bagi pengunjung. Namun bukan di pusat area wisata melainkan di sekitar parkiran yang jaraknya kurang lebih 150 Meter sebelum gerbang masuk.

“Pengelola cuma izinkan jualan disini pak. Kita ada beberapa orang jual oleh-oleh, kali aja Akang mau beli?”, ucap One.

Di keranjang miliknya terlihat buah blueberry dikemas sekitar 30 kotak plastik. Kata One, sehari bisa laku paling banyak 10 kotak.

Read:  Dapat Apresiasi Bunda PAUD Nasional, Isteri NA: Saya Bekerja Tidak Berpikir Untuk Penghargaan

Demi menghidupi keluarganya dia rela mencari nafkah, yang penting Halal katanya. Kepada AMBAE saat kunjungan, Kamis (25/04/19) ada 6 orang cucunya dari 3 anaknya yang harus dibiayai hidupnya.

“Lumayan pak bisa laku 10 dan untung 30 ribu Rupiah, kadang cuma sekotak. Itung-itung bisa beli beras 2 liter dan belanja buat incu (cucu) 6 orang”, jelasnya.

Warga RW 11, Kampung Gumuruh, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat itu mengaku kesulitan di tengah ramainya kunjungan wisatawan di Maribaya. Bahkan kata dia, sektor jasa dan usaha menengah ke atas lebih diuntungkan.

Read:  Bunda PAUD SulSel Teteskan Air Mata Lihat Video Anak Tenggelam di Kolam Regulasi Nipa-nipa Gowa

Dia pun berharap Pemerintah memberi perhatian kepada pedagang seperti dirinya. Selain One, hal sama dikatakan Sukmana, seorang penjual gantungan kunci Kitchen Bandung.

Di tempat yang kental dengan motto “Escape to Nature” itu Sukmana bersama 4 rekannya menjajakan beragam gantungan kunci hasil kerajinan rumahan miliknya. Segantung berisi 10 buah gantungan kunci dihargai 10 ribu Rupiah sampai 20 ribu Rupiah.

“Rata-rata penjual disini sudan 3 tahun sejak Maribaya dibuka. Mudah-mudahan saja nanti ada outlet yang disiapkan biar lebih mantap dan rapi”, pungkasnya.

Perlu diketahui di The Lodge Maribaya terdapat penginapan yakni Camping dan Joglo “Village House”. Berlokasi di Jalan Maribaya Nomor 149/252, RT 03, RW 15, Kampung Babakan Gentong, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (*)