Puteri Cilik-Remaja Sulsel Dapat Restu Melangkah ke Ajang Nasional

 

Mohon restu dari Puteri Cilik dan Puteri Remaja Indonesia Sulsel.
Seorang Puteri Cilik Sulsel 2021 memperkenalkan diri kepada Kadisbudpar Sulsel (25/10/21).

AMBAE.co.idMakassar. Sejumlah puteri nan cantik menemui Prof Jufri pada Senin (25/10/21). Masing-masing adalah Pemenang Pemilihan Puteri Cilik Indonesia dan Puteri Remaja Indonesia Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2021 hang dihelat Mei lalu.

Mereka pun meminta restu Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Kadisbudpar) Provinsi Sulsel yang bernama lengkap Muhammad Jufri. Diterima disela-sela kesibukannya di ruang kerjanya yang bertempat di Gedung Mulo, Jufri dengan tulus ikhlas memberi restunya.

Tak lain sebagai bentuk dukungan terhadap perwakilan Sulsel itu untuk melaju ke ajang Pemilihan Puteri Cilik dan juga Puteri Remaja Tingkat Nasional. Bakal diselenggarakan di Ciputra Hotel, Jakarta selama 5 hari beturut-turut, 3-7 November 2021.

“Kita memberikan dukungan, support demi suksesnya anak-anakku mengikuti kompetisi di tingkat nasional. Terima kasih sudah datang melaporkan rencana keikutsertaannya, juga sudah memberikan informasi bahkan bisa bertemu langsung dengan Puteri Cilik dan Puteri Remaja yang ada di daerah kita ya, Sulawesi Selatan,” kata Jufri.

Dirinya mengharapkan perwakilan ini dapat meningkatkan latihan, membekali pengetahuan yang lebih banyak, lebih luas, dan lebih mendalam. Meskipun tidak juara, kemungkinan terburuk itu tidak boleh mematahkan semangat untuk meningkatkan prestasi di masa mendatang.

Read:  Ribuan Jama'ah Idul Adha 1440 H Padati Pantai Seruni Bantaeng

Pasalnya, perjalanan hidup mereka disebutnya masih panjang akan dilalui dengan segala dinamika kehidupan. Kompetisi mesti dilalui dengan sehat, setidaknya mengikuti seluruh tahapan dan mematuhi tata tertib yang ditetapkan penyelenggara.

“Tentu diharapkan di tingkat nasional nanti tampil lebih siap. Mempersiapkan diri lebih baik dengan kualitas lebih baik pula, wawasannya, pengetahuannya, dan keterampilan yang biasanya menjadi penilaian tersendiri bagi tim juri,” imbuhnya.

Lalu, Jufri mendo’akan supaya ajang bergengsi itu dapat memunculkan perwakilan Sulsel sebagai juara. Lebih penting lagi bahwa juara yang diraih kelak, lebih memacu Puteri Cilik dan Puteri Remaja mengaplikasikan kemampuannya dan tanggung jawabnya untuk ikut serta membantu Pemerintah mengharumkan nama daerah.

“Semoga juara ya, tapi ingat yang lebih penting dari juara adalah ada ruang terbuka bagi anak-anakku ini, kesempatan untuk belajar mengoptimalkan bakat, minat yang kita miliki. Bersama teman-teman dari provinsi lain, kita bisa belajar dari mereka,” tuturnya.

Semisal, cara berbicara, teknik memperkenalkan diri yang lebih sopan tanpa meninggalkan kearifan lokal. Kemudian bagaimana berinteraksi dalam forum-forum nasional, menyampaikan pendapat, serta memperkenalkan produk-produk budaya dan pariwisata Sulsel.

“Kalau bisa ini masuk event pariwisata. Baru saja, Duta Wisata tahun 2021 juga datang kesini. Memperkenalkan diri dan bersiap menuju Bali mengikuti ajang nasional. Duta Wisata Sulsel ini binaan kita di Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan,” jelasnya.

Yulhie Tarebbang selaku Regional Director Puteri Cilik Indonesia dan Puteri Remaja Indonesia Provinsi Sulsel menyambut baik arahan Kadisbudpar Sulsel. Dikatakan, akan segera menindak lanjuti dengan melakukan pengusulan lebih lanjut agar tahun berikutnya dapat diakomodir.

Read:  Dua Daerah di Sulsel Support Virtual Assessment UNESCO Global Geopark

Tak sampai disitu, Yulhie juga berharap Jufri memberi penegasan kepada jajarannya untuk memberikan dukungan pada video berdurasi 3 menit hasil kreasi Puteri Cilik dan Puteri Remaja Sulsel. Caranya dengan memberi like (suka), komentar, serta membagikan video dimaksud.

“Mudah-mudahan pak Prof bisa menyampaikan kepada seluruh pegawai disini untuk memberikan like, komentar pada video tersebut. Mereka mempresentasikan konten pariwisata yang ada di daerahnya melalui video YouTube,” harapnya.

Berikut link video YouTube perwakilan Sulsel: https://youtu.be/eqrfC5u7XvQ, https://youtu.be/rLjAomUJIGE, https://youtu.be/rYUguJIlLJo, https://youtu.be/QB02gMaJeq0, https://youtu.be/LWRTTQ_1_U8, dan https://youtu.be/1AxYU1ZrGAw.

Read:  Ahmad Yani Menguat di Bursa Calon Ketua Karang Taruna Bantaeng

Yulhie kemudian membeberkan biodata Puteri Cilik Indonesia dan Puteri Remaja Indonesia yang akan mewakili Sulsel ke Jakarta. Pertama, Lariza Perlita Nadif (11) sebagai Puteri Cilik Indonesia Sulsel 2021.

Kedua, Nasywa Izzatunnisa (11) sebagai Puteri Cilik Indonesia Sulsel Pendidikan 2021. Dan Putri Batik Cilik Indonesia Sulsel bernama Chairunnisa Probondari (12).

Dua Puteri Remaja Indonesia Sulsel 2021 masing-masing Valencia Cristina berusia 16 tahun. Sementara Aulya Dwi Amanda Sarqhia baru berusia 14 tahun. (*)