PHK No, Gubernur SulSel Sebut PT BLG di Pinrang Bisa Jadi Contoh

Perusahaan Tanpa PHK.
Nurdin Abdullah (kedua dari kiri) meninjau proses pengeringan rumput laut (16/11/20).

AMBAE.co.id – Pinrang. Sebuah perusahaan yang bergerak di sektor pertanian, khususnya sub sektor rumput laut mendapat apresiasi dari Gubernur SulSel (Sulawesi Selatan), HM Nurdin Abdullah. Adalah PT BLG (Biota Laut Ganggang) yang dikunjunginya pada Senin (16/11/20).

Berlokasi dan menjalankan operasionalnya di Desa Polewali, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang. Nurdin Abdullah memuji langkah yang diambil dengan tetap membeli hasil rumput laut dari petani serta mengolah rumput laut.

Bahkan tidak melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap karyawannya. Karenanya Nurdin Abdullah menyebutnya bisa jadi contoh bagi perusahaan lain.

“Perusahaan ini patut kita contoh, betapa besar nilai tambah diberikan. Pemerintah wajib menjaga perusahaan ini supaya tetap eksis”, kata Nurdin Abdullah.

PT BLG mempekerjakan 500 orang karyawan. Ditambah tenaga teknis dari China sebanyak 15 orang dan warga setempat.

“Kita berterima kasih karena perusahaan ini masih berproduksi selama Pandemi COVID-19. PHK tidak dilakukan dan juga gaji karyawan masih tetap seperti itu”, puji dia.

Namun begitu, dia minta agar kapasitas produksi dapat ditingkatkan. Dengan begitu akan terbuka lapangan pekerjaan baru di perusahaan itu maupun di lingkup sektor yang lain.

Read:  Dispora Bantaeng Target POR Pelajar 2019 Hadapi POPDA dan PORDA

Sementara Pemerintah kata Gubernur SulSel harus hadir mensupport sepenuhnya. Disinggung terkait masa panen rumput laut jenis katoni yang hanya berkisar 40 hari.

Pemerintah kemudian menghadirkan benih unggul untuk petani. Demikian halnya kebutuhan bahan baku untuk dipasok ke perusahaan masih belum mencukupi.

“Untuk satu bulannya, butuh sekitar 3.500 ton rumput laut. Ini belum mampu kita penuhi”, ujarnya.

Nurdin Abdullah berdalih itu bisa dipenuhi jika potensi yang ada dimaksimalkan. Area yang bisa dijadikan lahan masih banyak, menilik panjang garis pantai yang mengelilingi SulSel.

Read:  Tiga Belas Puskesmas se-Bantaeng Adu Kreatifitas Memasak Ala Germas

Kembali Nurdin Abdullah mengatakan bahwa dengan hadirnya BLG, harga rumput laut di pasar akan lebih stabil. Betapa tidak, perusahaan menetapkan harga standar sebagai patokan. (*)