Jadi Kebiasaan, Isteri NA Serukan Pentingnya Protokol Kesehatan Dari Jalan ke Jalan

Sosialisasi Liestiaty F Nurdin dari jalan ke jalan.
Liestiaty F Nurdin menyapa Pengurus PKK Kota Makassar yang juga melaksanakan sosialisasi serupa (18/07/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Sebuah kebiasaan relatif unik bagi seorang Isteri Gubernur kembali diperlihatkan pada Sabtu pagi (18/07/20). Tak lain adalah Hj Liestiaty F Nurdin yang dikenal sebagai Isteri Gubernur Sulawesi Selatan (SulSel) periode 2018-2023, HM Nurdin Abdullah yang akrab disapa NA.

Dia memboyong sejumlah Ibu-ibu yang tergabung sebagai Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi SulSel serta Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi SulSel. Di mana keduanya, organisasi yang dipimpinnya kini.

Seperti pekan lalu, dirinya menumpang di sebuah mobil bak terbuka atau pickup. Sembari menyuarakan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam setiap rutinitas, terutama ketika sedang berada di luar rumah.

“Ibu dan Bapak sekalian, diharapkan memakai masker untuk menjaga percikan batuk dan juga bersin atau droplet dari orang di sekitarnya. Juga menjaga droplet dari diri kita sendiri supaya tidak menyebar ke orang lain”, serunya dengan lantang.

Melalui pengeras suara dari sisi belakang mobil itu, Lies menghimbau pula agar masyarakat rajin mencuci tangan serta menjaga jarak. Minimal 2 meter jarak aman yang disarankan, sehingga virua corona yang disebut-sebut bisa menyebar begitu cepat bisa diantisipasi dan dicegah sedini mungkin.

“Silakan beraktifitas seperti biasa, Ibu dan Bapak yang berjualan tetap melayani pembeli. Tapi ingat ya, protokol kesehatan tetap dijalankan dan dipatuhi untuk kesehatan kita bersama”, imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, dia membagikan masker kain dan masker medis. Warga masyarakat kebagian langsung dari tangannya dengan mengutamakan mereka yang dijumpai tidak memakai masker.

“Tabe’ pak, ini ada masker. Dipakai ya, supaya aman dan sehat”, kata dia kepada seorang warga dengan Bahasa Makassar.

Adapun rute yang dilalui kegiatan bertajuk sosialisasi itu yakni Jalan Ratulangi, Jalan Andi Djemma, Jalan Veteran Selatan, Jalan Masjid Raya, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Pongtiku, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Tinumbu, Jalan Cakalang, Jalan Yos Sudarso, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Lamadukelleng, Jalan Nusantara dan Jalan Penghibur.

Read:  Belum Seumur Jagung, Ketua FABJ Langsung Diduduki Jumadil Ahmad Safi'i

Rombongan berangkat sejak pukul 08:00 WITA. Bertolak dan finish kembali di Halaman Rumah Jabatan Gubernur SulSel di Jalan Jenderal Sudirman.

Turut bersama Lies yakni Ketua TP PKK Kota Makassar, Rossy Timur Wahyuningsih. Sementara itu PKK Kota Makassar serentak menggelar kegiatan serupa di tingkat kecamatan.

Didukung pula oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) SulSel, Satuan Polisi Pamong Praja SulSel dan Perseroda SulSel. Bagi Lies, kedisiplinan sangat penting ditingkatkan.

“Saya mempertegas satu hal, rutinitas harus tetap berjalan. Karena itu semua harus lebih disiplin mengikuti arahan Pemerintah, kita berharap pandemi COVID-19 ini cepat berlalu dan kita kembali dengan kehidupan normal”, tegas Lies secara ekslusif kepada AMBAE usai kegiatan. (*)