PKK SulSel Gandeng Pejuang Pelosok Tingkatkan Kesejahteraan Warga Pulau Lanjukang

Pulau Lanjukang dapat perhatian Ketua PKK SulSel.
Ketua PKK SulSel (kanan) bersama Ketua PKK Makassar di Rujab Gubernur SulSel (13/07/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Sejumlah Relawan yang mengatas namakan Pejuang Pelosok menemui Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel), Hj Liestiaty F Nurdin, Senin (13/07/20). Mereka diterima langsung di Rumah Jabatan Gubernur SulSel.

“Iya betul, di Rujab Gubernur tadi kita ketemu Relawan Pejuang Pelosok. Teman-teman ini menggambarkan bagaimana keadaan masyarakat kita di Pulau Lanjukang Makassar”, ungkap Isteri Gubernur SulSel itu.

Datang membawa sebuah ide sekaligus memaparkan kondisi Pulau Lanjukang yang dihuni sekitar 18 Kepala Keluarga. Pulau yang berada dalam wilayah administratif Kota Makassar itu, menurut para Relawan perlu mendapat perhatian serius.

Betapa tidak, kesejahteraan warganya relatif belum normal. Mengingat sarana dan prasarana yang kurang, terutama pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Read:  Bertandang ke Benteng Rotterdam, Isteri Nurdin Abdullah Bakal Tempatkan UMKM

Lies kemudian menegaskan bahwa pihaknya segera merealisasikan program dan kegiatan dengan target warga di pulau terluar Makassar itu. Selain menggandeng Pejuang Pelosok, PKK SulSel berkolaborasi dengan PKK Kota Makassar.

“Bersama Pejuang Pelosok dan Ibu Ketua PKK Kota Makassar, kita akan bantu warga di sana, pendidikannya, kesehatannya dan yang lebih penting akan kita beri pembinaan spiritual keagamaan”, jelasnya.

Dia menyayangkan, warga Pulau Lanjukang khususnya anak-anak harus hidup tanpa melalui pendidikan di bangku sekolah formal ataupun non formal. Sementara dari sisi kesehatan, umumnya mengalami stunting atau kerdil.

Anak-anak di pulau seluas kurang lebih 3,5 Ha itu mencapai setengah dari jumlah total warga. Dari berbagai sumber, sekitar 63 jiwa warga mendiami Pulau Lanjukang.

“Perlahan-lahan mulai kita bergerak menyelesaikan persoalan Pulau Lanjukang, Inshaa Allah. Anak-anak kita bisa melanjutkan pendidikan”, ujarnya.

Kepedulian Lies terhadap kesejahteraan warga pulau ini makin tinggi sejak kunjungannya beberapa waktu lalu. Dia bersama Gubernur SulSel, HM Nurdin Abdullah mendengar langsung keluhan masyarakat termasuk ketersediaan air bersih yang hanya mengandalkan tadahan air hujan.

“Tadi kita serahkan alat tulis menulis. Nanti Relawan teruskan untuk anak-anak kita”, pungkasnya.

Sebanyak 24 anak di Pulau Lanjukang akan menerima bantuan berupa perlengkapan sekolah seperti tas dan alat tulis menulis. Lies berharap animo anak-anak untuk belajar lebih tinggi lagi dibarengi semangat untuk maju dan setara dengan anak lainnya di Indonesia.

Read:  Gubernur SulSel Minta Agar Geopark Maros Pangkep Dijaga Keasliannya

Diserahkan pula perlengkapan Shalat berupa mukena untuk para perempuan. Sementara Relawan Pejuang Pelosok akan memberi bimbingan kepada anak-anak, karenanya Lies menghimbau agar semua pihak ikut andil meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat yang di pulau.

Hal itu mendapat apresiasi dan dukungan penuh Rossy Timur Wahyuningsih selaku Ketua PKK Makassar. Demikian halnya terhadap para Relawan yang meluangkan waktu, tenaga dan pikiran serta membaktikan diri demi kepentingan orang banyak.

“Luar biasa Ibu Ketua PKK Provinsi Sulawesi Selatan dengan support dan perhatiannya untuk anak-anak kita dan juga para perempuan di Pulau Lanjukang”, tuturnya. (*)