Di Warung Kopi, AMBAE Sharing Session Soal Manajemen Website

Pengelolaan website oleh AMBAE.
Abdul Azis (kiri) sedang memaparkan metode pengelolaan website berita yang baik (07/02/20).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Awal Jum’at malam di penanggalan 7 Februari 2020, tepatnya di Warung Kopi Corner Cafe di Jalan Elang Bantaeng berkumpullah beberapa Jurnalis dan sejumlah Pegiat Literasi di Kabupaten Bantaeng. Tampak hadir di tengah-tengah mereka, Abdul Azis selaku Manager AMBAE.

Dia datang atas undangan Jurnalis dimaksud yang olehnya disebut sebagai rekan sejawat. Adalah para pekerja media yang sehari-hari mengulik informasi seputar Kabupaten Bantaeng dalam berbagai lini kehidupan.

Read:  Kadis Kominfo Bantaeng: Jadilah Profesional Bermedsos

Azis kemudian memulai Sharing Session malam itu. Dipaparkan teknis pengelolaan website, terutama website berbasis berita yang dijadikan wadah bagi pekerja media.

“Malam ini mencoba berbagi apa yang Saya ketahui dan sedikit pahami mengenai website. Rekan-rekan Saya ini kan para Jurnalis, ya lumayan beberapa orang sempat menyimak”, jelas Azis sembari menyeruput kopi yang tersaji di depannya.

Dia yang dikenal sebagai seorang Blogger sejak puluhan tahun silam, di daerah berjuluk Butta Toa (Tanah Tua) ini memang kerap ditempati bertanya dan juga meminta saran sekaligus panduan.

“Mengelola website ini, rekan-rekan Jurnalis ini umumnya hanya punya otoritas sebagai Penulis. Makanya mereka tidak memiliki kewenangan penuh di website miliknya, mereka menyebutnya portal berita”, tuturnya.

Namun begitu, ada pula yang memegang sepenuhnya pengelolaan website yang dimiliki. Sehingga butuh tutorial dan tips-tips agar bisa memaksimalkan kinerja medianya.

“Sebenarnya bagi kami di AMBAE, bagaimana rekan-rekan ini terbantu, meski AMBAE juga khususnya Saya hanya punya kemampuan seadanya”, pungkasnya.

Tentang bagaimana memegang hak user sebagai Super Admin atau Administrator, Admin, Editor dan Kontributor, kemudian seperti apa peranannya jika hanya sebagai Penulis saja.

Tentu kata Azis haknya akan berbeda satu sama lai. Tertinggi dipegang User Administrator karena memiliki hak penuh.

Read:  Dinas PPPA SulSel Gelar BIMTEK Gugus Tugas KLA Tahun 2019