NA1-NA2 Bukan Sembarangan, Sukses Dari Bantaeng

Launching jagung manis NA1 dan NA2.
Nurdin Abdullah melaunching jagung varietas NA1 dan NA2 (21/01/20).

AMBAE.co.id – Soppeng. Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Soppeng, HM Nurdin Abdullah selaku Gubernur SulSel (Sulawesi Selatan) menanam jagung varietas NA1 dan NA2 di Lejja, Soppeng, Selasa (21/01/20).

Diawali peluncuran kedua varietas dimaksud yang disaksikan sejumlah pejabat lingkup Kabupaten Soppeng. Diantaranya Bupati Sidrap, Dollah Mando, Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng, Tenri Sessu serta beberpa Kepala OPD kedua daerah dan Pemprov SulSel.

“Hari ini kita luncurkan dua varietas jagung dan juga kita tanam di Lejja, Soppeng yaitu NA1 dan NA2. Varietas ini dinamai oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Jagung (Balitjat) dan Sereal Maros”, jelas Nurdin.

Lanjut dikatakan, NA1 dan NA2 adalah jenis jagung yang terbilang unik. Kadar gula di dalamnya mencapai 15,5 dibanding jagung pada umumnya hanya 14.

Read:  Family Gathering UNHAS, Liestiaty F Nurdin: Jangan Pakai Plastik

Apalagi kata Mantan Bupati Bantaeng (Periode 2008-2013 dan 2013-2018) itu bahwa NA1 dan NA2 sudah ditanam di Bantaeng sejak 2014 silam. Hasilnya mencengangkan, tidak jauh dengan jenis jagung di Jepang yang harganya relatif mahal sekira 1000 yen atau 130 ribu Rupiah per biji.

“Tongkol jagung ini besar, begitu pun beratnya yang luar baisa. Jagung ini bukan sembarangan, bisa dimakan mentah”, tegas dia.

Untuk pengembangan, NA1 dan NA2 ditargetkan disebar ke seluruh wilayah SulSel. Setelah itu baru ditingkatkan lagi sebagai varietas baru di wilayah lainnya di Indonesia.

“Harapan kita bisa mengekspor jagung NA1 dan NA2 pada khususnya serta jagung manis secara umum ke Jepang di masa mendatang. Makanya kita akan kembangkan bibit jenis ini di SulSel hingga seluruh Indonesia”, pungkasnya.

Senada itu, Hj Fitriani selaku Kepala Dinas Pertanian Provinsi SulSel membenarkan jika NA1 dan NA2 yang digagas Nurdin Abdullah dengan Timnya sudah pernah ditanam di Bantaeng. Namun pihaknya akan kembali menguji ketahanan varietas itu di Soppeng serta daerah lainnya di SulSel.

“Alhamdulillah sudah ditanam dan berhasil di Bantaeng. Di Soppeng ini kita akan menguji ketahanan dari kedua varietas jagung ini”, tuturnya.

Di kegiatan Launching Pertanaman Jagung Manis itu, Fitri juga menyampaikan jika Gubernur SulSel telah memberi arahan terkait program Pemprov SulSel untuk menjadikan Soppeng sebagai pusat buaj-buahan.

Read:  Semeja Ilham Azikin, Ketua Sementara DPRD Bantaeng Hamsya Pecahkan Kaca

Bersinergi dengan sektor pariwisata, terutama dengan penempatannya di sekitar destinasi wisata Permandian Air Panas Lejja. Sehingga Wisatawan nantinya bisa menikmati buah segar selama menikmati sesi liburan atau rekreasi. (*)