Ketua PKK SulSel Hadiri Launching Garuda di Lautku

Kegiatan Launching Garuda di Lautku.
Liestiaty F Nurdin dan Nurdin Abdullah (tengah) di Gedung Wisma Negara, Makassar (17/01/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Isteri Gubernur SulSel (Sulawesi Selatan), Hj Liestiaty F Nurdin mendampingi Suami yang tak lain adalah Gubernur HM Nurdin Abdullah, menghadiri Launching Garuda di Lautku yang dilangsungkan di Gedung Wisma Negara, Kota Makassar, Jum’at (17/01/20).

Kegiatan yang diinisiasi TNI AL (Angkatan Laut) itu merupakan program yang diarahkan dalam rangka upaya menjaga eksosistem laut. Termasuk terumbu karang yang diduga semakin banyak yang rusak akibat ulah manusia.

Tampak hadir bersama Lies saat itu adalah Manik Pujianti yang juga adalah Isteri dari Kepala Staf Angkatan Laut, Siwi Sukma Adji. Hadir pula para unsur Forkopimda Provinsi SulSel.

Dalam pernyataannya, Lies menyebutkan bahwa kegiatan yamg dikerja samakan dengan Pemprov SulSel dan Pemkot Makassar itu sangat bagus dan patut diikuti seluruh provinsi di Indonesia.

“Garuda di Lautku, kalimat ini punya makna sangat besar untuk keberlangsungan terumbu karang kita”, ujarnya.

Semua pihak kata dia seharusnya terlibat aktif menjaga laut beserta ekosistem di dalamnya demi keberlangsungan makhluk hidup di laut serta makhluk hidup di darat diantaranya manusia serta makhluk hidup di udara seperti burung.

Read:  Gubernur dan Ketua PKK SulSel Gelar Buka Bersama Ratusan Disabilitas

Dosen Fakultas Perikanan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar itu sangat menyayangkan adanya berbagai pengrusakan terumbu karang dengan bom ikan. Terumbu karang merupakan habitat hidup bagi banyak spesies laut diantaranya bintang laut.

Begitu pun maraknya manusia menggunakan plastik sekali pakai hingga sampah plastik bertebaran dimana-mana. Bahkan telah meracuni biota laut, pada akhirnya memberi dampak negatif jika manusia dan makhluk lainnya mengkonsumsi ikan yang sudah terpapar mikroplastik.

“Mari kita menjaga laut kita dan semua biota laut yang ada, menjaga terumbu karang dengan tidak melakukan pemboman serta membuang sampah apalagi sampah plastik hingga mencemari laut”, pinta Lies.

Dikesempatan sama, Nurdin Abdullah yang bergelar Professor berharap seluruh stakeholder ikut membantu TNI AL menjalankan program Garuda di Lautku.

“Saya harap inisiatif dari TNI AL memelihara terumbu karang akan mudah mengatasi kerusakan. Pemeliharaan terumbu karang sangat penting dilakukan, semoga bisa diikuti provinsi lain di Indonesia”, harapnya.

Nurdin Abdullah juga menurutkan jika dirinya dan Pemprov SulSel sangat mengapresiasi dan mendukung TNI AL. Pihaknya akan mensupport penuh upaya menjaga serta memelihara terumbu karang maupun seluruh ekosistem laut utamanya di wilayah SulSel. (*)

Read:  Diluar Box Isteri Gubernur SulSel Diserbu Ibu-ibu