Turun Dari Sun Princess Cruise Ships, Ribuan Bule Disambut Tari Gandrang Bulo

Bule dari Kapal Pesiar Sun Princess kunjungi SulSel.
Penari 4 etnis SulSel bersama Syamsuniar Malik (tengah) di sisi Kapal Pesiar Sun Princess (29/12/19).

AMBAE.co.id – Makassar. Ribuan Bule terbelalak matanya saat disambut Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) di Pelabuhan Soekarno-Hatta pada Minggu pagi (29/12/19).

Disbudpar menyiapkan tarian tradisional berupa tari gandrang bulo serta tari 4 etnis SulSel. Mencakup Suku Makassar, Bugis, Mandar dan Toraja.

“Wisatawan kita sambut dengan tari gandrang bulo serta tari 4 etnis biar bisa mengenal lebih dekat seni khas SulSel sebelum menggali lebih dalam seperti apa daerah kita bagi mereka”, ujar Syamsuniar Malik selaku Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Disbudpar SulSel.

Sebanyak 2.107 Bule atau Wisatawan Asing (Wisman) itu kata Syam berasal dari 24 negara, termasuk Indonesia yang berangkat sama-sama dari Australia menuju Indonesia. Tiba di Indonesia dari Australia, Kota Makassar dikunjungi yang kedua setelah Pulau Komodo, lalu menuju titik akhir perjalanan di Bali sebelum kembali ke asalnya.

“Wisatawan Asing itu dari 24 negara yang juga ada orang Indonesia didalamnya. Insya Allah mereka kita perlihatkan sejumlah destinasi wisata serta seni dan budaya khas SulSel”, ungkapnya.

Di Makassar, Wisman akan mengunjungi Benteng Rotterdam, Benteng Somba Opu, Pasar Tradisional, Center Point of Indonesia (CPI), Pelabuhan Rakyat Paotere dan Pusat Oleh-oleh Makassar Somba Opu.

Read:  Dinas PPPA SulSel Dampingi Wilayah V Menghadapi Evaluasi KLA 2019

Selain itu, akan bergerak mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Maros. Diantaranya Taman Wisata Alam Bantimurung dan Kampung Kelelawar Parang Tinggia Maros.

“Kunjungan luar biasa ini tentu akan berdampak besar terhadap kepariwisataan SulSel. Bahkan bukan cuma sektor pariwisata, perekonomian juga kena imbas positifnya karena Wisatawan Asing akan belanja”, pungkasnya.

Disbudpar kata Syam dalam kurun waktu kurang lebih setahun terakhir berupaya semaksimal mungkin mempromosikan SulSel pada sektor wisata dan budaya. Pihaknya bekerja sama dengan banyak pihak termasuk PT Pelindo Makassar.

Read:  Anak Pasar Pun Disasar PKK SulSel Selama COVID-19

Seorang Wisman berkebangsaan Australia memuji penyambutan Disbudpar SulSel yang dikolaborasikan PT Pelindo Makassar dan Pemerintah Kota Makassar. Tampak dari pantauan AMBAE, para Wisman asyik menyaksikan mengabadikan pertunjukan tarian dengan ponsel miliknya. (*)