KOMPAK Uji Coba Rumput Laut, Wabup Bantaeng Minta Keseriusan Diskanlut

Workshop uji coba dan workshop rumput laut.
KOMPAK melaksanakan workshop uji coba pengembangan rumput laut.

Melalui uji coba bibit rumput laut itu, dia berharap pula petani lebih meningkatkan kompetensinya dalam mengelola serta mengembangkan potensi rumput laut. Kabupaten Bantaeng kata Sahabuddin, memiliki daerah pesisir pantai sepanjang kurang lebih 24 Kilometer.

“Mudah2-mudahan kita bisa mengirim rumput laut 600 ton per bulan dan menjadi produk unggukan Bantaeng. Dari 24 Kilometer panjang pesisir pantai kita, kurang lebih 20 Km diisi rumput laut”, jelasnya.

Kembali dia mengajak agar semua leading sector ambil bagian untuk menyumbangkan pikiran, tenaga dan waktu. Menurutnya siapapun pemimpin yang diamanahi mengawal Pemerintah ini, kini dan berikutnya harus bertanggung jawab mengurus daerah ini beserta isinya.

Read:  8 PKK Kecamatan Beradu di Festival Pangan Lokal B2SA

Hadir pada workshop itu sekaligus melakukan peninjauan ke unit pengolahan rumput laut yakni perwakilan dari Bappenas Republik Indonesia, Riski Raisa Putra, VDE Lead KOMPAK, Muchlis Ali dan Novi Susanto serta perwakilan dari Diskanlut dan BUMDes Layar Terkembang.

Tampak pula diantaranya Sarwansah Sahabuddin selaku Community Engagement Coordinator KOMPAK, District Coordinator KOMPAK Bantaeng, Baharuddin Solongi, Sekretaris Dinas PMDPPPA Kabupaten Bantaeng, Harmoni, Direksi CV. Ocean Fresh, Linawati yang juga adalah Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Workshop hari ini, kita menyerahkan Perjanjian Jual Beli ATC dari start up Ocean Fresh ke BUMDes Layar Terkembang melalui program Keperantaraan Pasar yang digagas KOMPAK bersama Bappenas”, ungkap Sarwan.

Workshop yang dijadwalkan akan berlangsung selama 4 hari (25-28 Juni 2019) itu, disampaikan Sarwan bahwa peserta akan dilibatkan langsung untuk melakukan uji coba pengolahan rumput laut. (*)