Ketua PKK Bantaeng Utus Kadernya Berbagi Materi Pendidikan Karakter Keluarga Bagi Kader IMP

Orientasi Pengelola Program KKBPK dan Kader IMP Tingkat Kabupaten Bantaeng.
Orientasi Pengelola Program KKBPK dan Kader IMP dibuka secara resmi Wabup Bantaeng.

AMBAE.co.id – Bantaeng. Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Bantaeng terlibat langsung pada kegiatan Orientasi Pengelola Program KKBPK dan Kader IMP Tingkat Kabupaten Bantaeng yang dilaksanakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bantaeng di Gedung Balai Kartini Bantaeng, Jum’at siang hingga sore (10/05/19).

Terbukti dengan hadirnya Ramlah selaku Sekretaris Pokja II TP PKK Kabupaten Bantaeng membawakan materi di hadapan peserta orientasi yang mencapai 450 orang. Dia dimandat langsung Ketua TP PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Sri Dewi Yanti menjadi narasumber untuk membagi ilmu terkait Pendidikan Karakter Keluarga.

Materi ini sengaja dipilih yang juga adalah program unggulan Pokja I PKK. Dikatakan Ramlah bahwa keluarga merupakan lini terdepan yang berperan penting dalam upaya meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia).

“Kita tidak bisa terlepas dari keluarga, apalagi Bapak dan Ibu sekalian sebagai Pengelola KKBPK dan Kader IMP yang notabene hampir tiap hari berinteraksi dengan keluarga di masyarakat”, jelas Ramlah.

Di kesempatan sama, Ramlah juga memaparkan pentingnya mensinergikan program-program di Dinas PPKB dengan PKK. Menurutnya tujuan keduanya pada satu titik sama yakni mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera lahir dan bathin.

Read:  Libur Tanpa Bete, Install Aplikasi Berikut

Lanjut disampaikan agar para kader yang terdiri dari PLKB Kontrak Gaya Baru, PPKBD dan Sub PPKBD itu menjadi penyampai informasi ke masyarakat terhadap beragam program Pemerintah dan juga PKK. Salah satunya menyangkut pentingnya menggunakan thumbler baik di rumah maupun di tempat kerja.

“Mari kita budayakan penggunaan thumbler atau botol air minum isi ulang. Tujuannya untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai seperti kemasan air mineral”, ujarnya.

Betapa tidak kata Ramlah, plastik dapat merusak bumi baik tanah, air dan udara. Jika itu terjadi, Ramlah meyakinkan peserta bahwa generasi bangsa ini dapat terancam berbagai penyakit yang berakhir pada terganggunya kehidupan keluarga yang diharapkan bisa sehat berkesinambungan.

Read:  Dapat Apresiasi Bunda PAUD Nasional, Isteri NA: Saya Bekerja Tidak Berpikir Untuk Penghargaan

Kegiatan itu menghadirkan pula Plt Kadis PPKB, Abdi Syam dan Fahmi Kurniawan sebagai narasumber. Sebelumnya kegiatan itu dibuka secara resmi Wakil Bupati (Wabup) Bantaeng, H Sahabuddin.

Wabup berharap para kader yang dibawahi Dinas PPKB itu mengambil peran dalam pembangunan meski sekecil apapun. Sekaligus mendukung program dan kegiatan yang telah disiapkan Pemerintah Kabupaten Bantaeng selama 5 tahun mendatang.

“Mari kita tingkatkan pengabdian kita kepada masyarakat. Tugas dan fungsi kita bukan semata-mata mengejar upahnya tapi banyak hal bisa diperoleh didalamnya”, tutur dia.

Dalam menjalankan tugasnya di tengah masyarakat, kader diharapkannya memupuk kebersamaan. Wabup yakin jika keluarga bisa sejahtera maka masyarakat, daerah, bangsa dan negara ini juga sejahtera. (*)