Bupati Bantaeng Serahkan 200 Kartu KUSUKA dan Asuransi Nelayan

Penyerahan Asuransi dan Kartu KUSUKA di TPI Kaili Bantaeng.
Nelayan di Kecamatan Bissappu menerima Kartu KUSUKA dan Asuransi Nelayan (15/04/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin didampingi Staf Asuransi Agri dan Mikro PT Asuransi Jasindo Cabang Makassar, Fauzi Aruji R menyerahkan secara simbolis Asuransi Nelayan dan Kartu Pelaku Usaha Perikanan dan Kelautan (KUSUKA) kepada 200 pelaku usaha bidang perikanan dan kelautan se-Kecamatan Bissappu bertempat di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Kaili, Kelurahan Bonto Lebang, Kecamatan Bissappu, Senin siang (15/04/19).

Para pelaku usaha tersebut terdiri dari nelayan, pengolah hasil perikanan, pemasar atau penjual ikan serta pembudi daya yang terbagi ke dalam 3 kelompok yakni rumput laut, petani tambak dan petani ikan air tawar.

Dalam sambutannya, Bupati menegaskan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda) hadir melihat apa yang dibutuhkan nelayan. Resiko para nelayan dalam melaksanakan aktifitasnya di laut diyakininya sangat besar sehingga Pemerintah ada untuk memenuhinya.

“Bukan kita minta-minta, tapi ini wujud kepedulian Pemerintah jika terjadi hal tidak diinginkan selama melaut. Ini manfaat dari asuransi, kartu ini bukan hadir untuk mempersulit kita semua”, ujarnya.

Dia tidak mau mendengar ada yang menerima bantuan khususnya di sektor perikanan dan kelautan, tetapi bukan nelayan. Harapannya semua program yang diberikan Pemerintah tepat sasaran dengan berangkat dari dari data yang jelas.

“Banyak manfaat yang Insya Allah didapatkan dari kepemilikan kartu ini”, tegas dia.

Ilham juga mengajak masyarakat khususnya peserta Sosialisasi dan Penyerahan Asuransi Nelayan dan Kartu KUSUKA yang mencapai 250 orang untuk senantiasa menjaga kesejukan suasana dan kondisi menghadapi Pemilu 2019 yang sudah di depan mata. Program Pemerintah yang baik selayaknya disampaikan ketimbang menceritakan kejelekan-kejelekan karena bisa memperkeruh situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kalau ke depan terjadi perubahan-perubahan kebijakan dan kalaupun Pemerintah Pusat tidak lagi memprogramkan ini, Pemkab akan senantiasa hadir. Tapi kita tetap berdo’a Pemerintah pusat hadir untuk itu”, tutupnya.

Nurzainuddin selaku Ketua Panitia melaporkan 200 penerima siang itu berasal dari Desa Bonto Jai sebanyak 50 orang, Kelurahan Bonto Lebang 75 orang dan Kelurahan Bonto Sunggu 75 orang.

Read:  Baru 3 Bulan Bekerja, Karang Taruna Bissappu Sudah Adakan Kemah EXPO

Dipertegas oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bantaeng, Muh Dimyati Nongpa bahwa pihaknya menargetkan sebanyak 1200 dari 1300 pelaku usaha saat ini akan kebagian Asuransi Nelayan di tahun 2020.

“Insya Allah tahun 2020, 1200 pelaku usaha sudah menerima Asuransi Nelayan. Syaratnya harus memiliki Kartu KUSUKA”, imbuhnya.

Di tahun 2019 ini Bantaeng kebagian 484 asuransi nelayan. Sehingga dia meminta peran aktif para Lurah dan Kepala Desa untuk mendorong warganya bisa terdaftar karena ke depan tidak akan diberikan asuransi bagi kelompok yang belum memiliki Kartu KUSUKA. (*)

Read:  Rayakan Idul Fitri 1440 H, Ilham Azikin: Pererat Persaudaraan