Bung Tomo Bulatkan Tekad Berhaji Setelah Antri 10 Tahun

CJH Bantaeng diperiksa kesehatannya oleh petugas dari Dinkes SulSel.
Pemeriksaan Kesehatan bagi Calon Jama’ah Haji Kabupaten Bantaeng untuk pemberangkatan tahun 2019 (30/03/2019).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) menggelar pemeriksaan kesehatan kepada Calon Jama’ah Haji (CJH) Kabupaten Bantaeng di Kawasan Revitalisasi Pantai Seruni Bantaeng, Sabtu pagi (30/03/19).

Pemeriksaan berupa pengukuran kebugaran jasmani itu meliputi pengecekan untuk mengetahui riwayat kesehatan terkini CJH, riwayat penyakit terdahulu dan riwayat penyakit keluarga diantaranya pemeriksaan kondisi jantung, kolesterol, gula darah dan tekanan darah.

Berlanjut dengan pemeriksaan kondisi fisik. CJH Lanjut Usia (Lansia) dianjurkan cukup dengan jalan santai. Sedang CJH usia muda berlari-lari kecil dengan rute sama yakni mengitari Lapangan Pantai Seruni Bantaeng sebanyak 20 kali yang luasnya kurang lebih sebanding dengan lapangan sepak bola.

“Sebelumnya dilaksanakan pendampingan di kecamatan oleh Penyuluh dan Kepala KUA yang didahului manasik haji”, jelas Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bantaeng, H Muh Tahir.

CJH yang akan berangkat kata Tahir, sebanyak 185 orang ditambah 2 orang petugas yakni PPIH dan TKHI. Seluruh CJH ini wajib mengikuti pemeriksaan dimaksud yang dikerja samakan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng dan Kantor Kemenag Kabupaten Bantaeng.

Sementara itu, salah seorang CJH asal Kelurahan Bonto Atu, Kecamatan Bissappu, Andi Burhanuddin Syaggaf (Bung Tomo) bersyukur karena pemeriksaan kesehatannya menunjukkan hasil yang baik dan normal. Tekanan darahnya misalnya setelah ditensi sebesar 100/70.

“Alhamdulillah hasilnya sehat. Kita juga mengelilingi Lapangan Pantai Seruni sebanyak 20 kali putaran lalu diperiksa detak jantung”, ujarnya.

Bung Tomo kepada AMBAE mengaku senang karena tidak lama lagi dirinya bersama rombongan akan berangkat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah Al Mukarram. Betapa tidak, 10 tahun menunggu sejak mendaftar di bulan November 2009, akhirnya kebagian quota kursi pemberangkatan beberapa bulan ke depan. (*)

Read:  Ratusan Petugas Kebersihan dan Tukang Becak Buka Bersama Ketua PKK Bantaeng