Dinkes Bantaeng Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Calon Jama’ah Haji

Deteksi penyakit tidak menular kepada Calon Jama'ah Haji.
Tim Medis memeriksa dan melakukan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular (30/03/2019).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Ratusan Calon Jama’ah Haji (CJH) dari Kabupaten Bantaeng mendapat pemeriksaan kesehatan dari Tim Medis sebagai bagian penting sebelum berangkat ke Saudi Arabia menunaikan ibadah haji tahun 2019.

Dilaksanakan di Tribun Pantai Seruni Bantaeng, Sabtu (30/03/19), Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng yang menjadi leading sector kegiatan itu melakukan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular.

Hj Nurhidayah, Petugas Pengelola Kesehatan Haji Puskesmas Kota mengatakan bahwa CJH diperiksa untuk mendeteksi penyakit apa saja yang mungkin saja diderita. Termasuk deteksi kemungkinan munculnya penyakit tidak menular pada CJH dengan adanya faktor-faktor pembawa resiko misalnya tekanan darah yang tidak normal.

“Beberapa penyakit tidak menular yang bisa muncul pada CJH seperti Hipertensi dan DM atau Diabetes Melitus”, ungkap Nurhidayah.

Jika CJH diserang penyakit demikian kata dia maka diberi obat serta disarankan untuk kontrol lebih lanjut. CJH juga bisa mengikuti senam prolanis tiap Sabtu dan pemeriksaan darah sekali sebulan yang salah satunya diadakan di Puskesmas Kota di Jalan Elang, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng.

Read:  Adegan Syur Dua Pelajar Bulukumba Tanpa Blitz Gemparkan WhatsApp

Dibenarkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, Armansyah bahwa seluruh Puskesmas di Bantaeng disiapkan sebagai Pos Pembinaan Terpadu (Posbidu) Haji.

“Insya Allah pemantauan status kesehatan Calon Jamaah Haji selanjutnya akan dipantau melalui Posbindu Haji di Puskesmas terdekat CJH berdomisili”, ujarnya.

Armansyah kepada AMBAE menegaskan kembali bahwa pemeriksaan yang juga meliputi pengukuran kebugaran jasmani itu ditangani langsung Pengelola Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng berkolaborasi dengan Pengelola Haji Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng serta Tim Posbindu Haji.

“Syukur Alhamdulillah kegiatan Pemeriksaan dan Tes Kebugaran Calon Jamaah Haji berjalan lancar”, tutur dia.

Bagi CJH sendiri selama pemeriksaan berlangsung dipantau pula Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Tim Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng. (*)

Read:  Ketua PKK Bantaeng Serahkan Bantuan BPBD-Dinsos Untuk Korban Kebakaran Pasorongi