DisBudPar SulSel Sambut Hangat Balawista Tingkatkan Promosi Destinasi Wisata

 

Balawista SulSel.
Bruno S Rantetana (tengah) menyambut kunjungan Pengurus Balawista Provinsi Sulawesi Selatan (16/03/21).

AMBAE.co.idMakassar. Kepala Bidang PSDP DisBudPar Provinsi SulSel (Pengembangan Sumber Daya Pariwisata – Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan), Bruno S Rantetana secara resmi menerima kunjungan Balawista SulSel pada Selasa sore (16/03/21).

Tepatnya di Gedung Mulo, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 23, Kota Makassar. Bruno meyakinkan jika pihaknya menyambut dan merespon baik kehadiran Balawista di daerah berjuluk Kota Daeng ini.

“Tentu ini berita baik bagi kami Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan dan juga Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Terutama sektor pariwisata, bahwa Balawista ada dan eksis untuk mendukung kepariwisataan kita, mulai dari sisi keamanan, kenyamanan, juga promosi pastinya”, ujar Bruno.

Lanjut disampaikan kepada AMBAE usai penyambutan, sektor pariwisata seharusnya menjadi tanggung jawab banyak pihak. Bukan hanya Pemerintah, tetapi di dalamya mencakup 5 pemangku kepentingan dan jejaringnya.

“Kita kenal namanya pentahelix atau biasa diistilahkan ABCGM. Disitu ada Academic, Business, Community, Government dan Media”, jelasnya.

Karenanya, dia mengapresiasi penuh Balawista SulSel untuk menapakkan jejaknya sekaligus membantu leading sector yang ada terhadap sub-sector wisata tirta. Dalam hal ini destinasi wisata yang bertautan dengan area pantai, sungai, arum jeram, danau, air terjun, swimming pool, waterboom, surfing, diving dan wisata air lainnya di SulSel pada khususnya.

“SulSel ini kan punya banyak destinasi wisata tirta, contoh saja wisata pantai di Makassar, bahkan di daerah Kabupaten/Kota Saya kira lebih banyak dan beragam. Kadang kita dengar ada (pengunjung) yang hanyut, tenggelam atau hilang, makanya penting ada uapaya pencegahan pengamanan dan penyelamatan”, pungkasnya.

Bruno juga mendorong Balawista SulSel untuk melebarkan sayapnya ke 24 Kabupaten dan Kota. Melakukan koordinasi serta pembentukan cabang secara menyeluruh di SulSel.

Read:  Pemkab-Kemenag Pastikan Gunakan Terminal Loka Lokasi STQH VII Bantaeng

Diketahui Balawista merupakan wadah bagi pemandu keselamatan pariwisata (lifeguard). Bekerja secara mendasar untuk memberi rasa aman, nyaman bagi pengunjung destinasi wisata.

Rombongan Pengurus tingkat provinsi berjumlah 4 orang yang dipimpin Zulkifli Djufrie selaku Ketua Balawista SulSel menegaskan bahwa lembaga itu, di samping menyokong pengunjung dapat lebih aman saat berwisata, juga menjadi media promosi. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Jadi membantu juga ini untuk mempromosikan tempat-tempat wisata. Kerja-kerja Balawista utamanya bagaimana melakukan pengawasan, memberi pertolongan dalam rangka menjaga keselamatan pengunjung”, tuturnya di hadapan Bruno yang menjadi perwakilan KadisBudPar SulSel saat audiensi cukup singkat itu.

Pada kesempatan sama, Balawista (Badan Penyelamat Wisata Tirta) SulSel menyerahkan sejumlah dokumen legalitas lembaga tersebut kepada DisBudPar SulSel. Di antaranya Surat Keputusan berdirinya Balawista SulSel dan juga pengakuan kelembagaan dari Kesbangpol SulSel. (*)