Nurdin Abdullah Sebut AM Sukri Sappewali Tinggalkan Banyak Legacy

 

Momentum Hari Jadi Bulukumba ke-61.
Nurdin Abdullah (kiri) pamit usai mengikuti Rapat Paripurna dalam rangka peringatan Hari Jadi Bulukumba ke-61 (04/02/21).

AMBAE.co.idBulukumba. Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-61, tepatnya Kamis (04/02/21) diperingati secara sederhana melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Bulukumba, di Gedung DPRD Kabupaten Bulukumba.

Momentum ini adalah peringatan Hari Jadi Bulukumba yang terakhir bagi pasangan Bupati dan Wakil Bupati, AM Sukri Sappewali dan Tomy Satria Yulianto.

Di awal sambutannya, Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah memuji Bupati Bulukumba. Tidak banyak pergantian rezim, kata Nurdin Abdullah yang Bupatinya meminta untuk mendukung Kepala Daerah yang baru.

“Ini luar biasa”, kata Nurdin disambut aplaus hadirin.

Hal itu ditunjukkan pula Sukri selama 5 tahun terakhir. Membawa Bulukumba mewujudkan sejumlah program dan kegiatan.

“Lima tahun Andi Sukri dan pak Tommy memimpin Bulukumba, Saya kira banyak, Saya kira banyak legacy yang diberikan dan wariskan. Tentu atas nama Pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang ada”, imbuhnya.

Hal lain yang dipuji adalah kesetiaan dan keharmonisan yang ditunjukkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati AM Sukri Sappewali-Tomy Satria Yulianto. Meski selesai menjabat, Nurdin Abdullah justru menilai belum selesai oleh karena masih ada medan pengabdian lainnya yang bisa dicapai.

“Karena beliau masih enerjik”, tambahnya.

Selanjutnya, Nurdin Abdullah mengharapkan agar dapat menyambut pemimpin yang baru. Karena tugas yang akan mereka hadapi tidak mudah.

Read:  Cuma Diikuti 10 Daerah, Ketua PKK SulSel Malah Tambah Hadiah Poco-poco

Pemerintah masih menghadapi COVID-19. Tidak diketahu kapan akan berakhir dan tugas yang paling berat adalah recovery ekonomi.

“Tugas kita adalah menyambut pemimpin baru. Tentu saya belum berhak memberikan ucapan selamat. Karena masih dalam proses sengketa, tapi kita berharap kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan”, harapnya.

Sebelum menghadiri peringatan Hari Jadi Bulukumba, mantan Bupati Bantaeng ini, sudah berada di Bulukumba dua hari sebelumnya untuk meninjau progres pembangunan kawasan Wisata Bira, seperti pembangunan pedestrian Titik Nol SulSel dan pembangunan Terminal Parkir Kawasan Wisata Tanjung Bira.

Diketahui dua tahun terakhir ini sejak dirinya menjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menggelontorkan puluhan Milyar Rupiah untuk membantu pembangunan dan pengembangan Kawasan Tanjung Bira.

“Kita sudah bisa lihat Tanjung Bira semakin tertata. Di sebelah timur Tanjung Bira atau jalur Titik Nol telah menawarkan view pemandangan yang cantik, dimana sebelumnya kawasan ini tidak bisa diakses”, ungkapnya.

Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali mengatakan Hari Jadi ini menjadi spesial sekaligus sebagai perpisahan baginya.

“Terasa istimewa karena Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-61 ini menjadi Hari Jadi yang terakhir di masa Pemerintahan kami atau dapat dikatakan sebagai momentum pra perpisahan bagi Bupati dan Wakil Bupati yang masa jabatan berakhir pada 17 Februari mendatang”, beber AM Sukri Sappewali dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati dua periode ini menyampaikan, lima tahun terakhir Pemerintah Daerah meraih 65 penghargaan, baik skala nasional maupun tingkat provinsi Sulawesi Selatan. Atas dukungan Pemerintah Pusat dan Provinsi, sektor pariwisata Kabupaten Bulukumba lima tahun terakhir ini juga sangat menonjol.

Read:  Gubernur SulSel Berharap Terumbu Karang Dijaga dengan Membantu TNI AL

Di samping pembangunan infrastruktur pariwisata yang semakin baik dan tertata yang memanjakan pengunjung, berbagai event pariwisata juga telah berhasil digelar untuk menggaet para pengunjung.

“Buktinya, agenda tahunan Festival Pinisi telah menjadi 100 Wonderful Event Kementerian Pariwisata”, tambahnya.

Dikatakan, warga Sulawesi Selatan juga akhirnya mengenal Kahayya sebagai destinasi baru untuk mereka yang senang dengan pegunungan. Kini akses listrik dan jalan semakin baik menuju daerah wisata Desa Kahayya.

“Kita berharap Desa Wisata Kahayya ini akan semakin dikembangkan oleh pemerintahan selanjutnya”, pintanya.

Tak lupa juga menyampaikan permohonan maaf, jika selama kepemimpinannya masih ada kekurangan. Dirinya menyadari masih banyak yang harus dibenahi di Kabupaten Bulukumba.

“Kita semua menginginkan Bulukumba semakin maju. Olehnya itu diharapkan pemerintah periode berikutnya dapat mempertahankan hal yang baik dari era Pemerintahan ini dan lebih meningkatkan apa yang telah dicapai saat ini”, ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Bupati yang berlatar militer ini, mengharapkan kepada seluruh aparatur pemerintah untuk mendukung pemimpin Bulukumba periode berikutnya.

“Yang paling penting, Saya mengajak kepada seluruh aparatur Pemerintah untuk mendukung sepenuhnya Bupati dan Wakil Bupati periode berikutnya yang akan memimpin daerah Kabupaten Bulukumba kita yang tercinta”, harapnya. (*)