Jajaran DisBudPar SulSel Ikuti Pelatihan Virtual Tour

Atourin Virtual Tour.
Wibowo mengikuti Pelatihan Virtual Tour secara online dari ruang kerjanya (16/12/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Sedikitnya 47 orang mengikuti Pelatihan Virtual Tour yang digelar UCLG ASPAC (United Cities and Local Governments Asia Pacific) bekerja sama APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) dan Atourin pada Rabu pagi (16/12/20). Termasuk 9 orang dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (DisBudPar) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel).

Satu di antaranya, Wibowo selaku Kepala Seksi Promosi Wisata pada Bidang Pengembangan dan Pemasaran. Dia mengaku bersyukur bisa menimba ilmu yang bermanfaat, khususnya terkait Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) yang mana baru menduduki jabatan itu sejak 1 September lalu.

“Kesempatan berharga ini karena kita sedang giat-giatnya melakukan promosi secara online. Hari ini, Alhamdulillah Saya bersama staf mengikuti pelatihan secara virtual, bagaimana kita menjemput calon wisatawan bisa berkunjung ke destinasi wisata pada saatnya nanti”, tutur Bowo, sapaan akrabnya.

Jebolan STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) itu menyampaikan bahwa virtul tour bagi wisatawan sesungguhnya tidaklah mengubah pola berwisata yang sesungguhnya. Namun lebih pada pengenalan sejak dini, seperti apa kondisi DTW (Daya Tarik Wisata) yang bisa dikunjungi.

“Nah, dengan virtual tour calon wisatawan sudah punya perencanaan yang lebih matang. Di situ bisa kita sajikan informasi terkait akomodasi, demikian pula jadwal penerbangan, perhotelan bahkan harga tiket masuk dan kuliner yang ada”, jelasnya.

Hanya saja kata dia, dibutuhkan penguatan narasi di samping penyediaan informasi audio dan video maupun animasi. Karena tanpa itu, calon pengunjung cenderung akan memilih mencari informasi secara mandiri di internet.

“Mudah-mudahan ini bisa direplikasi hingga ke daerah. Pandemi COVID-19 ini banyak mengajarkan kita untuk membangun kolaborasi yang apik dengan semua pihak, Guide Tour misalnya, mereka yang punya andil besar meyakinkan calon wisatawan atas apa yang tidak ditemukan pada audio dan video”, pungkasnya.

Bowo menambahkan bahwa pelatihan masih akan berlanjut Kamis besok dengan sub tema berbeda. Dan masih diperuntukkan untuk wilayah SulSel.

Read:  Via Daring Bersama Puspita Milenial Takalar, Ketua PKK SulSel Bicara Peran Keluarga Cegah COVID-19

Sementara pelatihan selama kurang lebih 2 jam hari ini, UCLG ASPAC mempercayakan Boe sebagai Narasumber. Adalah seorang Guide Tour yang membahas pemanfaatan fitur Google Street View, Google 360 Virtual Tour dan Google Maps untuk membantu pembuatan konten virtual tour. (*)