Gubernur SulSel Luncurkan Kapal Roro dari Kemenhub RI

Peluncuran KMP Takabonerate.
Kapal Motor Penumpang Takabonerate diluncurkan di Kawasan PT IKI, Kota Makassar (04/11/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Mengunjungi PT IKI di Kota Makassar pada Rabu (04/11/20), HM Nurdin Abdullah selaku Gubernur SulSel (Sulawesi Selatan) meluncurkan Kapal Motor Penumpang (KMP) Takabonerate. Disiapkan melayani jalur pelayaran dari dan ke Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba- Pelabuhan Matata di Kabupaten Kepulauan Selayar.

KMP ini berkapasitas 500 GT. Merupakan kapal jenis Roro (Rooll of Rooll) yang diinisiasi pembuatannya oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI).

“Hari ini, bersama-sama kita luncurkan kapal roro dengan kapasitas 500 GT. Kapal ini untuk masyarakat di Kepulauan Selayar”, ungkap Nurdin Abdullah.

Dia mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi langkah yang diambil Kemenhub. Betapa tidak, KMP Takabonerate dapat memuat kendaraan roda dua dan empat, tentu akan semakin memudahkan jalur transportasi kedua daerah.

“Mewakili Pemprov SulSel, Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan juga PT IKI”, tuturnya.

Peluncuran itu dirangkaikan dengan peringatan Hari Ulang Tahun PT IKI yang ke-43. Dalam sambutannya, Gubernur juga memaparkan kondisi geografis SulSel yang memiliki sekitar 330 pulau.

Read:  Diinisiasi Disbudpar SulSel, Puluhan Guide Tour HPI Terima Paket Sembako

Sebagian di antaranya dalam wilayah administratif Kepulauan Selayar. Sementara, Kemenhub RI sangat mengetahui kebutuhan Pemprov SulSel, mengikapi kondisi wilayah yang membutuhkan fasilitas transportasi memadai.

“Kementerian Perhubungan Republik Indonesia paham betul apa yang menjadi kebutuhan kita”, tutup dia.

Selain Selayar, Kemenhub juga memberikan bantuan KMP untuk digunakan di Danau Matano dan Danau Towuti. Penyerahannya dilakukan beberapa waktu lalu saat Nurdin Abdullah berkunjung ke Kabupaten Luwu Timur. (*)