13 Daerah Ikuti Fashion Show Sutera, Liestiaty F Nurdin: Ada Kabupaten/Kota Sedang Pilkada

Peserta Fashion Show Sutera Dekranasda SulSel.
Liestiaty F Nurdin (ketiga dari kanan) menyerahkan hadiah kepada Juara I Lomba Fashion Show Sutera (08/10/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Sebanyak 13 Kabupaten dan Kota se-Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) ikut serta meramaikan ajang Fashion Show Sutera yang dilangsungkan di Eboni Ballroom, Hotel Gammara Makassar. Tepatnya, Kamis pagi hingga malam (08/10/20) yang dihadiri langsung Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) SulSel, Hj Liestiaty F Nurdin.

Dia sekaligus membuka lomba dengan tema “Pengembangan Sutera Sulawesi Selatan di Era New Normal” itu. Satu persatu Ketua Dekranasda daerah bersama rombongan disapa mengawali sambutannya pada Kamis pagi.

Di antaranya Ketua Dekranasda Kabupaten Bantaeng, Jeneponto, Bone, Pinrang, Luwu Timur serta Kota Parepare dan Palopo. Termasuk hadir pula Sekretaris DisBudPar SulSel, Kemal Redindo Syahrul Putra dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi SulSel, Sri Rejeki Hayat.

“Alhamdulillah, hadir disini Ibu-ibu Dekranasda se-Sulawesi Selatan. Terima kasih banyak sudah berpartisipasi mengikuti lomba Fashion Show Sutera Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan”, tutur Lies di hadapan para Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Lies memaklumi daerah-daerah yang tidak mengikuti lomba, khususnya 7 daerah yang sedang menggelar Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah). Meski 1 di antaranya tetap pro aktif hadir yakni Penjabat Ketua Dekranasda Kabupaten Toraja Utara.

“Jadi bukan saja sutera kita perhatikan ya. Tapi seluruh Kabupaten/Kota dengan produk unggulan masing-masing daerahnya”, terangnya.

Dia menyebutkan jika Parepare memiliki kerajinan kerawang-kerawang, Palopo punya makanan kapurung serta Pinrang dengan perhiasan pengantin. Produk unggulan itu tidak akan ditemui di tempat lain dan telah menjadi khas daerah tersebut.

“Di sini kita sama-sama ingin membangkitkan produk sutera Sulawesi Selatan. Jangan dilihat siapa yang menang dan kalah, tapi bagaimana menyemangati para desainer-desainer kita di Sulawesi Selatan”, kunci Lies.

Lomba itu mengantarkan Kabupaten Toraja Utara sebagai Juara III, Kabupaten Pinrang sebagai Juara II dan Kota Makassar sebagai Juara I untuk kategori busana kantor. Sementara Juara Favorit diraih Kabupaten Bantaeng dan Kota Palopo.

Read:  1 Dekade FAN Nurdin Abdullah Jamu Seribu Anak Indonesia

Untuk kategori busana malam atau busana pesta, berturut-turut diraih Kabupaten Soppeng, Jeneponto dan Luwu Timur sebagai Juara III, II dan I. Dan Juara Favorit jatuh ke tangan kontingen Kabupaten Wajo dan Bone. (*)