Kali Keenam DisBudPar SulSel Fasilitasi Penuh LCCM Nasional

Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional 2020.
Peserta LCCM mengikuti pembukaan di Ruang SSTIC DisBudPar SulSel secara virtual (05/10/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) SMP/MTs Tingkat Nasional 2020 kembali bergulir. Pembukaan yang dilangsungkan secara daring dihadiri langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan (DisBudPar SulSel), Denny Irawan Saardi.

Tampak 3 orang pelajar didampingi seorang Guru, Imron Rosjadi mengikuti prosesi pembukaan melalui Zoom Cloud Meeting dari Ruang SSTIC (South Sulawesi Tourism Information Center) di Gedung Mulo DisBudPar SulSel, Senin (05/10/20).

Ketiga pelajar berasal dari SMP Negeri 6 Makassar dimandat sebagai utusan Provinsi SulSel. Di mana lomba itu mendapat dukungan penuh DisBudPar SulSel.

“Ini lomba yang keenam kalinya kita fasilitasi dari Dinas (DisBudPar SulSel). Dinas mensupport penuh dan mendampingi terus sejak awal rangkaian lomba”, jelas Kepala Seksi Museum dan Cagar Budaya, Purnawati.

Kepada AMBAE dia menegaskan jika pihaknya sangat memperhatikam segala kebutuhan peserta. Satu di antaranya bagaimana menyiapkan fasilitas virtual meeting, bahkan kata dia komunikasi dan koordinasi intens dilakukan melalui Group WhatsApp (WA) “Tim Teknis Daerah LCCM”.

“Kami ada group WA yaitu Tim Teknis Daerah LCCM untuk saling koordinasi agar adik-adik peserta bisa terfasilitasi sepenuhnya. Hari ini Pembukaan dihadiri langsung pak KadisBudPar SulSel dan kami siapkan perangkat komputer sampai jaringan internetnya”, tuturnya.

Sebelumnya, peserta telah mengikuti uji coba pada tanggal 1 dan 2 Oktober 2020. Dilanjutkan dengan sosialisasi, sedang lomba dibagi dua tahap, Babak Penyisihan tanggal 7-8 Oktober 2020 dan Final tanggal 12 Oktober 2020.

Read:  Ketua Dekranasda SulSel Support UKM Seni Tari Unhas Melalui A Night with the Glory of Sutera

Lomba yang mengusung tema “Generasi Cerdas Berkarakter” itu diikuti 34 Provinsi se-Indonesia. Meski belum pernah meraih juara, kali ini diharpkan bisa mengharumkan nama SulSel di kancah nasional.

Imron yang juga adalah Guru IPS Kelas IX SMP Negeri 6 Makassar menaruh harapan besar agar siswa/siswi binaannya mampu lolos melewati babak penyisihan. Bahkan jika memungkinkan masuk 3 besar nasional.

“Alhamdulillah persiapan semakin bagus, jaringan juga sangat mendukung peserta mengikuti lomba nantinya, kita terfasilitasi sangat bagus. Tahun 2015 kita juga pernah mewakili SulSel di tingkat nasional”, ungkapnya.

Kehadiran Denny di tengah peserta sekaligus memberi semangat bahwa SulSel mampu mempersembahkan prestasi gemilang dibanding provinsi lainnya. Hal itu sejalan dengan prioritas Pemerintah Provinsi SulSel di bawah kendali HM Nurdin Abdullah sebagai Gubernur untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. (*)