Wings Air Warnai Rute Penerbangan Makassar-Toraja

Wings Air terbang perdana dari Makassar ke Toraja.
Sambutan Edward Sirat (tengah) sebelum dimulai penerbangan perdana Wings Air rute Makassar-Toraja (04/09/20).

AMBAE.co.id – Maros. Bertempat di area Ruang Tunggu Lantai 2, Vertical Garden, tepatnya di depan Gate 3, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, pada Jum’at pagi (04/09/20) dilangsungkan peresmian penerbangan perdana Wings Air untuk rute baru di SulSel (Sulawesi Selatan) yakni Makassar-Toraja.

Ditandai pemotongan tumpeng oleh Edward Sirait selaku Presiden Direktur (Presdir) Lion Air Group. Tampak menyaksikan dan mendapat potongan tumpeng yakni Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar, Baitul Ikhwan, Kepala Dinas Perhubungan (DisHub) Provinsi SulSel, Muhammad Arafah, Kelapa Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (DisBudPar) Provinsi SulSel, Denny Irawan Saardi serta Wahyudi selaku General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Wings Air melayani penerbangan rute Makassar-Tana Toraja sebanyak 4 kali dalam seminggu pada hari Jum’at, Minggu, Selasa dan Rabu. Meski baru memulai, Edward berharap ke depan akan lebih ditingkatkan lagi dengan jumlah flight 7 kali seminggu.

“Mudah-mudahan rute Makassar-Tana Toraja ini cepat berkembang dari 4 kali seminggu bisa setiap hari. Bahkan saudara-saudara di Toraja pengen ada penerbangan dari Jakarta, wah nanti GM di Makassar marah sama Saya, tidak mampir lagi di Makassar”, jelas Edward.

Kendati begitu, dirinya yakin hal itu bisa diwujudkan suatu saat nanti dengan pengaturan penerbangan. Tentu kata dia, demi Indonesia dan demi SulSel pada khususnya.

“Kalaupun ada penerbangan langsung itu, tentu setelah bandara dan penumpangnya memenuhi syarat. Dan itu Saya pikir butuh waktu, one day pasti terjadi seperti daerah-daerah lainnya”, tambahnya.

Dia membeberkan jika Lion Air Group mampu melayani penerbangan dari Jakarta, menuju hampir 30 lebih bandara. Karenanya Edward menaruh harapan agar moda transportasi yang lebih cepat ini mampu memberikan kenyamanan.

“Semoga memberi nilai bagi pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan dan Toraja pada khususnya. Ini juga bisa menaikkan wisata ke Toraja yang selama ini dianggap masih ada kendala”, pungkasnya.

Catatan penting dari penerbangan perdana ini, bahwa Wings Air menjadi satu-satunya dan yang pertama melayani rute penerbangan Makassar-Tana Toraja. Jarak tempuh kini lebih dekat dibanding melalui jalur darat dengan waktu tempuh hanya sekitar 50 menit.

Read:  Jelang SulSel Culture Run 7K Disbudpar SulSel Diserbu Pelari

Wings Air dan Lion Air Group kemudian berupaya mendukung program Pemerintah terhadap 10 destinasi baru, Tana Toraja dicatatkan sebagai destinasi baru keempat di Sulawesi setelah Kota Makassar, Kota Palu dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Sementara itu, Tana Toraja menjadi kota tujuan ke-137 secara nasional yang kini dilayani Wings Air.

Pada kesempatan sama, Wahyudi menyampaikan optimismenya terhadap peningkatan dan perkembangan rute itu. Betapa tidak, dari catatan pribadinya yang tinggal di poros Makassar-Toraja, terhitung sekitar 50 bus lalu lalang setiap harinya.

“Sekitar 10 ribu penduduk Toraja melakukan aktifitas keluar Toraja, connectingnya tidak ada makanya mencari jalan darat. Jadi sangat memungkinkan penerbangan dapat dilayani full factor, 3 sampai 4 bulan mendatang”, harapnya. (*)