Ramah Tamah HAB 74, Nurdin Abdullah Harap Kemenag SulSel Bukan Untuk Pilkada Saja

Ramah Tamah HAB 74 Kemenag SulSel.
Nurdin Abdullah menyampaikan arahan dan sambutan pada Ramah Tamah HAB Kemenag SulSel (06/01/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Ramah Tamah dalam rangka Peringatan Hari Aml Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama (Kemenag) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) dihadiri langsung HM Nurdin Abdullah selaku Gubernur SulSel di Aula Arafah, Asrama Haji Makassar, Ahad (05/01/20).

Kegiatan yang menjadi akhir dari rangkaian HAB 74 itu diramaikan sedikitnya 1.500 orang sebagai ajang silaturahmi. Tampak diantaranya Anggota DPR RI Komisi HM Aras, Kapolda SulSel, Mas Guntur Laupe serta unsur Forkopimda SulSel, Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb dan Kakanwil Kemenag Provinsi SulSel, H Anwar Abubakar selaku pelaksana kegiatan.

Gubernur yang akrab disapa NA mengajak hadirin khususnya jajaran Pemerintah secara umum untuk menjadikan Kemenag sebagai mitra strategis. Menurutnya Kemenag tidak seharusnya hanya dibutuhkan saat moment Pilkada atau Pemilu saja.

“Pemerintan dan Kemenag harus terbangun harmonisasi, sinergitas dan komunikasi yang baik. Bukannya hanya dipanggil dan diperhatikan jelang Pilkada saja”, tegasnya.

NA mengingatkan jika dalam waktu dekat ini bakal berlangsung Pilkada di 12 daerah di SulSel. Karenanya dia menghimbau agar Kemenag menjadi corong untuk menghindari terjadinya praktek money politic di masyarakat.

“Kita berharap Kemenag terdepan dalam mengajak Pemilih dan Peserta Pemilu untuk tidak melakukan praktek politik uang. Kemenag harus menjadi pencerah dan pelopor dalam hal kerukunan dan kedamaian di wilayahnya masing-masing”, imbuhnya.

Pilkada kata dia, haruslah melahirkan pemimpin yang peduli. Bukan pemimpin yang hanya menghabiskan periodenya dengan balas dendam dan balas jasa.

Read:  Gubernur NA Tetapkan Jambore Literasi Nasional 2020 Dilangsungkan di Bantaeng

Dikatakan pula bahwa momen bersama keluarga besar Kemenag se-Sulsel tersebut sangat spesial serta menjadi berkah tersendiri baginya. Kemenag dia wanti-wanti hadir dalam mewujudkan kerukunan, kedamaian sesama umat beragama, antar umat beragama serta antara umat beragama dengan Pemerintah.

Pernyataan NA itu mendapat penjelasan dari Anwar Abubakar. Disampaikan bahwa Hasil Indeks Kerukunan Umat Beragama di SulSel mencapai 75,70 persen. Rilis terbaru itu menempatkan SulSel di atas rata-rata nasional dengan besaran 73,83 persen.

“Kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur beserta jajaran pimpinan daerah Kabupaten/Kota di SulSel. Demikian pula Forkopimda dan seluruh mitra kerja Kemenag atas sinergitas yang terjalin baik selama ini, Alhamdulillah program Kemenag berjalan dengan baik dan sukses”, tuturnya.

Dia berharap ke depan kerja sama dapat lebih ditingkatkan lagi. Ungkapan terima kasih juga ditujukan kepada jajaran Kemenag di seluruh daerah di SulSel. Anwar meyakini, keberhasilan Kemenag SulSel meraih prestasi tingkat nasional berkat kerja sama dan dedikasi seluruh Kemenag yang ada di wilayah kerjanya.

Read:  BMKG Laporkan ke Gubernur SulSel Kondisi La Nina

Kemenag SulSel untuk tahun ini mendapat 1 unit Gedung Pusat Layanan Informasi Haji serta 15 Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di sejumlah Kabupaten/Kota. Kembali Mantan Kepala Kantor Kemenag Bantaeng itu berharap ada penambahan di tahun berikutnya baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. (*)