Sandri, Polisi Bantaeng Pecinta Ikan Nemo

Hobi memelihara ikan di akuarium.
Ikan nemo di akuarium milik Sandri (25/12/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Dibalik kesibukan sebagai Anggota Kepolisian Resort (Polres) Bantaeng, Sandri rupanya punya aktifitas lain di rumahnya. Di sela-sela rutinitasnya, dia aktif memelihara ikan.

Saat ditemui AMBAE di kediamannya di Asrama Polisi, Jalan Manggis, Kelurahan Palantikang, Kecamatan Bantaeng, Sandri tampak memberi makan sekumpulan ikan di tiga akuarium berbeda.

Masing-masing 1 buah akuarium berukuran (panjang x lebar x tinggi) sekitar 30x30x30 cm, 1 buah seukuran kurang lebih 50x50x50 cm dan 1 buah lagi berukuran kurang lebih 1x1x0,5 M.

“Memelihara ikan lumayan menyenangkan bagi Saya. Sepulang kerja pasti menyempatkan diri untuk memeriksa kondisi akuarium”, jelasnya, Rabu siang (25/12/19).

Salah satu jenis ikan yang dipelihara yakni nemo. Tak hanya itu, Sandri menghiasi akuarium miliknya dengan sejumlah karang dan tumbuhan laut.

Ikan giru atau lebih dikenal dengan sebutan ikan badut adalah ikan dari anak suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae. Ada dua puluh delapan spesies yang biasa dikenali, salah satunya adalah genus Premnas, sementara sisanya termasuk dalam genus Amphiprion (Source : Wikipedia).

“Karang dan tumbuhan ini untuk menghasilkan oksigen serta menjaga kualitas air. Tapi yang pasti secara visual mempercantik akuarium”, tuturnya.

Polisi berpangkat Aipda itu menegaskan jika memelihara ikan tidaklah mengganggu kesibukannya yang bertugas sebagai Paur Humas Polres Bantaeng. Apalagi kalau sudah berlangsung lama, dia memastikan kecintaan pada hewan air itu akan semakin merasuk ke dalam diri.

“Awalnya mungkin terasa cukup sulit khususnya terkait pemeliharaan. Lama-kelamaan mirip menggunting bunga untuk mempercantik taman di rumah”, ungkap dia.

Untuk pemeliharaan, Sandri membeberkan pentingnya menjaga kualitas air seiring kandungan protein dan nitrat yang terus bertambah dalam akuarium. Kurang lebih dalam sebulan kata dia, seperempat airnya dibuang lalu ditambah dengan air yang baru.

Read:  Pemkab Bantaeng Tetapkan Kontes Bonsai Jadi Event Tahunan

Dikesempatan sama, Sandri sedang menjamu Alimin DS. Dia yang dikenal sebagai Ketua DPD JOIN (Dewan Pengurus Daerah Jurnalis Online Indonesia) Kabupaten Bantaeng mengaku punya niat memilili akuarium dengan sekumpulan ikan cantik di dalamnya.

“Kalau melihat akuarium, Saya selalu tertarik untuk mau juga memelihara ikan. Bolehlah ke depan akuarium di rumah ada juga ikan nemo di dalamnya”, pungkasnya.

Alimin kemudian banyak berbincang dengan Sandri. Dia berharap bisa menimba pengalaman dari seorang Polisi yang notabene punya aktifitas sama di dunia jurnalistik. (*)