Panen Padi di Bantaeng Meningkat Berkat Penggunaan Pupuk Organik

Panen Raya padi di Kelurahan Lembang, Kecamatan Bantaeng.
Sekda Bantaeng (baju biru) memanen padi bersama Forkopimda (19/04/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantaeng, Abdul Wahab bersama Kapolres Bantaeng, Adip Rojikan, Dandim 1410 Bantaeng, Nanang Siswoko dan Kadis Pertanian Kabupaten Bantaeng, Hj Rahmania serta Direktur PT Tri Harmoni Abadi Makassar, H Muh Alwi memanen padi di atas lahan sawah yang berlokasi di Belakang Stadion Mini Lamalaka, Kelurahan Lembang, Kecamatan Bantaeng, Jum’at pagi (19/04/19).

Menjadi penanda dimulainya Panen Raya Padi dalam rangka Gerakan Peningkatan Produksi Melalui Ketersediaan Pupuk dan Benih di Kabupaten Bantaeng. Panen kali ini diprediksi mencapai 8 ton atau meningkat 3 ton dari tahun sebelumnya di lahan yang sama.

“Terjadi peningkatan dari 5 ton menjadi 8 ton berkat kerja sama dengan produsen pupuk organik. Itupun pemakaian biota plus belum maksimal”, ungkap Rahmania.

Hal itu menurutnya dalam rangka menghadirkan produsen pupuk bersertifikat untuk meningkatkan produksi dan produktifitas pertanian khususnya komoditas padi, jagung dan kedelai. Tahun depan dia targetkan produksi naik lagi di angka 10 ton.

Read:  Sekda Bantaeng Sebut Diklat Calon Paskibraka Untuk Mengubah Karakter

Sementara Sekda Bantaeng dalam sambutannya yang mewakili Bupati Bantaeng bahwa keberhasilan usaha petani tidak cukup niat dan keinginan kuat saja tapi harus didukung pemahaman dan penguasaan terhadap informasi dan teknologi.

“Niat tanpa didukung informasi memadai, pengetahuan dan teknologi tepat tidak akan membawa perubahan lebih baik”, tuturnya.

Untuk itu dia menghimbau petani dan kelompok tani terus berupaya mencari peluang meningkatkan produksi dan produktifitas melalui penerapan berbagai teknologi baru yang senantiasa berkembang terus dari waktu ke waktu.

Read:  Lomba Nyanyi dan Cipta Lagu Daerah Meriahkan HUT SulSel 351

Upaya pendampingan sangat penting dengan target mewujudkan swasembada pangan yang diprogramkan Pemerintah Pusat. Bahkan kata Wahab, TNI mendukung gerakan tersebut dengan adanya komitmen pendampingan dari para Babinsa di setiap Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bantaeng.

Kembali Wahab menyebutkan ada 3 program unggulan Pemkab Bantaeng selama 5 tahun ke depan yakni ketersediaan pupuk, benih dan asuransi pertanian.

Read:  Sekda Bantaeng Tekankan Bursa Inovasi Desa Untuk Mencapai Target RPJMD

Panen Raya tersebut terbilang seru, pasalnya Sekda, Kapolres dan Dandim jadikan ajang lomba memanen padi di area lomba cukup sempit. Meski sekedar untuk bergembira namun berhasil membuat petani yang hadir terpukau. (*)