Songsong Event Desember, DisBudPar SulSel Utus Jajarannya ke KemenParEkRaf

DisBudPar SulSel ke Kasubdit Event KemenParEkRaf.
Dari kiri ke kanan, Wibowo dan Ahmad Yusran berbincang dengan Diana Indriati (01/12/20).

AMBAE.co.id – Jakarta. Kepala Seksi Pembinaan dan Event pada Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (DisBudPar) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel), Ahmad Yusran menyambangi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (KemenParEkRaf RI) pada Selasa (01/12/20).

Turut bersamanya Kepala Seksi Promosi Wisata, Wibowo dan seorang staf yang menangani kehumasan, publikasi dan penyediaan konten promosi, yakni Abdul Azis.

Ketiganya datang jauh-jauh dari Kota Makassar dalam rangka melaporkan rencana pelaksanaan event-event di bulan Desember 2020. Di antaranya event yang sedianya dihelat di destinasi “Negeri Di Atas Awan” yang ada di Kabupaten Toraja Utara.

“Kita laporkan beberapa event di Sulawesi Selatan dalam waktu dekat ini. Seperti di Negeri Di Atas Awan di Toraja Utara, untuk bulan Desember ini memang banyak di Toraja”, jelas Yusran kepada AMBAE.

Dia laporkan hal itu ke Kasubdit Pengelolaan Penyelenggaraan Kegiatan (Event), Diana Indriati yang berkantor di Lantai 4 Gedung Direktorat Penyelenggara (Events) di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 17, Jakarta Pusat.

“Alhamdulillah kita tetap disupport KemenParEkRaf sampai sekarang. Terutama untuk event-event yang memang masuk ke dalam Calendar of Event (CoE)”, kata dia.

Senada itu, Diana mengungkapkan pihaknya akan tetap mensupport daerah dalam berkegiatan. Meski bukan event sekelas CoE, juga akan disupport jika memang memenuhi standar dan prasyarat yang ada.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun depan, kemungkinan tidak lagi pada standar Calendar of Event. Karena akan disapih, jadi sampai berapa tahun disupport, harusnya sudah bisa mandiri, kita fokus ke event lainnya lagi”, pungkasnya.

Event dimaksud kata Diana, mesti lebih kreatif. Lokomotifnya bisa budaya, tapi yang pasti ada keterkaitannya dengan pariwisata, misalnya di dalamnya ada pameran, kunjungan wisata dan sebagainya.

Read:  Sekretaris DisBudPar SulSel: Forum SKPD Media Sinkronisasi Persepsi

Meski begitu, untuk tahun 2021, daerah tetap mengusulkan event untuk masuk CoE 2021. Dia juga berharap, supporting yang diberikan bukan berarti daerah tidak lagi bekerja.

“Harusnya mereka yang mengadakan, kita cuma supporting. Event itu merangkul siapa sebagai tim kreatif dia”, tuturnya.

Dikesempatan itu pula, Yusran mendapat angin segar. Pihak KemenParEkRaf menyatakan kesiapannya untuk hadir pada event yang akan dihelat di Toraja Utara. (*)