Pemprov SulSel-Pemkab Bulukumba Kolaboratif Kembangkan Titik Nol Sulawesi

Pengembangan Titik Nol Sulawesi.
Nurdin Abdullah (baju putih kedua dari kanan) foto bersama di Tugu Titik Nol Sulawesi, Kabupaten Bulukumba (09/11/20).

AMBAE.co.id – Bulukumba. Gubernur Sulawesi Selatan (SulSel), HM Nurdin Abdullah bersama Bupati Bulukumba, Andi Sukri A Sappewali, Direktur Metro TV, Selamun Yoanes Bosko, CEO Media Group, Mohammad Mirdal Akib serta Manager PT Accor Grup Indonesia, Adi Setiawan mengecek progres pengembangan destinasi wisata Titik Nol Sulawesi dan juga pembangunan pedestrian di sekitar Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba.

Gubernur SulSel mengatakan bahwa untuk mendorong percepatan pembangunan, infrastruktur menjadi penentu sebuah inovasi. Dibarengi sinergitas antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) SulSel dengan 24 Kabupaten/Kota.

“Dalam rangka percepatan pembangunan, inilah bentuk sinergitas yang kita bangun antara Provinsi dan Kabupaten/Kota. Terkhusus untuk Kabupaten Bulukumba ini, kita bisa lihat betapa Bapak Bupati punya progres yang begitu cepat, karena ada dukungan dari Pemerintah Provinsi. Walaupun ini wilayah kabupaten, tapi kan kita memberikan anggaran bantuan keuangan daerah dalam rangka menata kawasan Pantai Bira ini”, tutur Nurdin Abdullah, Senin (09/11/20).

Harapannya, destinasi tersebut akan menjadi unggulan dunia dengan sejumlah keindahannya. Di Indonesia sendiri, hampir semua daerah berlomba-lomba mempromosikan potensi wisatanya.

“Kita bisa lihat betapa banyak spot yang coba kita akan bangun dengan baik. Mudah-mudahan ke depannya Bira ini menjadi destinasi unggulan dunia, karena sekarang ini hampir semua daerah berbenah dalam rangka meraih sebanyak-banyaknya wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara”, harapnya.

Dia mengakui, hampir semua pembangunan di Pantai Bira merupakan inovasi dari Bupati Bulukumba. Menurutnya, Andi Sukri begitu gesit menjemput anggaran untuk menata potensi wisata daerahnya.

“Saya apresiasi pak Bupati yang begitu inovatif, punya inovasi yang sangat luar biasa”, puji dia.

Kunjungan kerja selama dua hari di Kabupaten Bulukumba itu dianggap sangat lengkap. Dia memboyong para petinggi Metro TV serta investor untuk melihat kondisi kepariwisataan Bulukumba saat ini.

“Dari kemarin Saya sama pak Bupati, lengkap para Direksi Media Grup, ada CEO Media Grup, ada Direktur Utama Metro TV. Ada yang lebih penting lagi, Manager PT Accor Grup Indonesia, ini yang kita harapkan, beliau bisa melirik daerah ini sebagai daerah yang sangat visibel untuk untuk fasilitas hotel”, jelasnya.

Selain itu, Gubernur SulSel juga merasa sangat bersyukur media televisi nasional Metro TV sudah memberikan statement penting pada kunjungan itu. Bahkan siap untuk mengekspos potensi pariwisata di Bulukumba.

“Metro TV juga sudah berjanji akan menjadikan daerah ini salah satu prioritas untuk dipromosikan. Mudah-mudahan kunjungan ini akan memberikan manfaat yang besar terhadap pengembangan Bira ke depan”, pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba menguraikan bahwa pembangunan dan pengembangan deatinasi wisata Titik Nol Sulawesi akan rampung di tahun 2021. Dibeberkan, Titik Nol menjadi awal pemetaan Pulau Sulawesi.

“Untuk Titik Nol Sulawesi, mudah-mudahan tahun depan selesai. Sejak zaman Belanda dijadikan titik awal pemetaan Sulawesi, jadi ada prasasti di sana sebagai penanda”, ungkapnya. (*)

Read:  Pemkab Bantaeng Salurkan Sembako ke ODP