KadisBudPar SulSel Explore Sinjai Bareng TGUPP: Tingkatkan Kebersihan dan Protokol Kesehatan Destinasi

Wisata Tongke-tongke Sinjai.
Denny Irawan Saardi (kelima dari kanan) mengunjungi destinasi wisata Tongke-tongke Sinjai (23/09/20).

AMBAE.co.id – Sinjai. Denny Irawan Saardi selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (DisBudPar) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) pada Rabu (23/09/20) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Sinjai. Tiba di Sinjai, dia bertandang ke destinasi wisata.

Salah satunya Kawasan Wisata Hutan Mangrove Tongke-tongke. Turut pula Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Ketua DPRD Provinsi SulSel, H Moh Roem, Kadis Perikanan, Kadis Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Andi Ardin Tjatjo serta Kepala Bappeda SulSel.

Denny pada kesempatan itu memberi arahan kepada Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DisParBud) agar tetap menjaga kebersihan area destinasi wisata. Betapa tidak, kebersihan akan selalu menjadi sorotan bagi wisatawan baik Nusantara maupun Mancanegara.

“Kebersihan destinasi wisata harus tetap diperhatikan. Dijaga dengan baik, dibersihkan rutin serta semakin ditingkatkan supaya terlihat bersih dan indah, jadi pengunjung senantiasa merasa nyaman dan berlama-lama menikmati liburan”, tegas Denny.

Hal lain dihimbau terkait penerapan protokol kesehatan. Jika sebelumnya destinasi erat dengan bersih tidaknya lingkungan wisata, sejak pandemi COVID-19 bergulir, protokol kesehatan berada di urutan pertama prasyarat sebuah fasilitas publik.

“Tak kalah pentingnya bagaimana pihak pengelola menerapkan protokol kesehatan. Saat pengunjung baru tiba, dicek suhu tubuhnya, menghimbau untuk memakai masker, mencuci tangan pada fasilitas yang disediakan”, imbuhnya.

Begitu pun kata dia, upaya untuk selalu menjaga jarak antar pengunjung. Bahkan dalam SOP (Standard Operating Procedure) disebutkan bahwa fasilitas yang tadinya bisa menampung sekitar 1000 orang, kini hanya bisa diisi dengan kapasitas maksimum 50 persen.

Read:  Kapolres Bantaeng Bantah Peristiwa Pembusuran Sudirman, Tak Ada Unsur Politik

Denny pun mengapresiasi DisParBud Sinjai yang secara umum mentaati penerapan protokol kesehatan. Meski begitu, pihaknya gencar mensosialisasikan ke seluruh Kabupaten/Kota di SulSel sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus SARS-CoV-2 yang memicu penyakit Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Diketahui rombongan dari Pemerintah Provinsi SulSel itu diterima oleh KadisParBud Sinjai, Haerani Dahlan, Sekertaris DisParBud Sinjai, Kabid Pengembangan Pemasaran DisParBud Sinjai serta Kadis Tanaman Pangan Sinjai, Andi Ardin Tjatjo. (*)