Sebulan Penuh Monumen Mandala Membiru Untuk Memperingati Hari Peduli Autis Sedunia

Peringatan Hari Peduli Autis Sedunia tahun 2020.
Monumen Mandala berwarna biru dari kejauhan untuk memperingati Hari Peduli Autis Sedunia tahun 2020 (02/04/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Ada yang berbeda dengan tampilan Monumen Mandala yang bersebelahan dengan Gedung Balai Prajurit Jenderal M Yusuf. Tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 2, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Sejak pukul 18:00 Wita, Kamis malam (02/04/20), bangunan yang menjulang tinggi ke angkasa itu memancarkan cahaya berwarna biru. Berasal dari lampu yang didesain sebagai pemikat di kala malam hari.

Cahaya biru itu kata Denny Irawan Saardi selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan (Disbudpar SulSel) sebagai simbol untuk memperingati Hari Kesadaran Autis Sedunia yang lazim disebut Hari Peduli Autis Sedunia.

“Penyalaan lampu biru di Monumen Mandala merupakan simbol terhadap Bulan Peduli Autis. Inshaa Allah kita nyalakan selama sebulan penuh di bulan April 2020 ini yang dimulai malam ini”, ungkap Denny kepada AMBAE.

Disebut juga World Autism Awareness Day, telah diperingati sejak 9 September 1989. Merupakan peringatan berskala internasional sejak ditetapkan tanggal 18 Desember 2007 berdasarkan Resolusi Majelis Umum PBB Nomor 62/139.

Read:  DisBudPar SulSel Jadi Tamu Agung Rakor Pemasaran Pariwisata Jawa Barat

Lanjut Denny bahwa penyalaan dilakukan atas perintah langsung Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Liestiaty F Nurdin.

“Semoga menjadi motivasi bagi kita semua untuk tidak mengabaikan saudara-saudara penyandang autis. Kepadanya tidak seharusnya kita membully, namun lebih peduli dalam segala hal, seperti pendidikan, kesehatan dan segala kebutuhannya layaknya mereka yang normal”, ujarnya.

Sementara itu, dengan flyer FORKASI (Forum Komunikasi Orangtua Anak Spesial Indonesia) Makassar dan POAAM (Persatuan Orangtua Anak Autistik Makassar) mengucapkan terima kasih kepada pasangan orang nomor satu di SulSel. Terlebih Nurdin Abdullah dan Liestiaty F Nurdin punya kepedulian tinggi kepada penyandang autis yang ditunjukkan melalui berbagai kegiatan sosial.

“Terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Selatan dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan untuk penyalaan lampu biru di Monumen Mandala”, demikian sepenggal kutipan dari flyer berlatar Monumen Mandala Makassar.

Diketahui Monumen Mandala salah satu aset Disbudpar SulSel yang juga menjadi ikon Kota Makassar dan Provinsi SulSel. Bertema “Light It Up Blue Monumen Mandala”, masyarakat akan dimanjakan cahaya warna biru hingga akhir April nanti. (*)