HPMB Bandung Luncurkan Aplikasi Info Corona Untuk 2 Daerah

Informasi COVID-19.
Screenshot: Aplikasi “Info Corona” memuat informasi COVID-19 pada wilayah Bantaeng dan Bandung (24/03/20).

AMBAE.co.id – Bandung. Dalam rangka mencegah informasi hoax Covid-19, Himpunan Pelajar Mahasiswa Bantaeng Komisariat Bandung (HPMB Bandung) resmi meluncurkan aplikasi yang memuat seputar coronavirus desease. Aplikasi ini sekaligus menjawab tantangan pentingnya Information Technology (IT) di era yang serba tanpa batas serta tidak mengenal ruang dan waktu.

Ketua HPMB Bandung, Ahmad Fadil Fatan yang dikonfirmasi AMBAE menjelaskan bahwa pihaknya merilis aplikasi “Info Corona” atas dasar inisiatif untuk menyampaikan informasi pandemi COVID-19 ke masyarakat. Aplikasi dikhususkan untuk 2 daerah yakni Kabupaten Bantaeng di Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Bandung di Provinsi Jawa Barat.

“Karena informasi harus sampai ke masyarakat, maka kami HPMB Bandung berinisiatif membuat aplikasi ini”, ujar mahasiswa Telkom University yang kerap disapa Butti.

Aplikasi Info Corona ini resmi diperkenalkan melalui akun Instagram (@hpmb_bandung), sekitar pukul dua siang waktu setempat, pada Senin (23/03/20). Meski begitu, Butti merasa masih terdapat beberapa kekurangan dalam aplikasi yang telah diluncurkan itu.

“Peluncurannya hari ini, tadi jam dua siang, cuma belum diupload ke playstore karena belum ada akses sampai ke sana. Terus banyak error (dalam proses pembuatannya), waktunya amat mepet untuk membuat aplikasi ini, sehingga masih belum sempurna, Inshaa Allah kita kembangkan lagi”, bebernya kepada AMBAE, Selasa (24/03/20).

Saat ini, aplikasi berbasis Android itu sudah cukup memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Diantaranya terdapat data suspect coronavirus di seluruh dunia serta beberapa fitur pendukung lainnya seperti artikel tentang Covid-19, call center dan informasi penting lainnya.

“Ada beberapa fitur pada aplikasi ini untuk melihat perkembangan Covid-19. Merangkum data Internasional, Indonesia dan negara-negara lainnya. Juga terdapat beberapa fitur pendukung lainnya seperti call center, artikel tentang Covid-19 itu apa dan juga pencegahannya versi WHO”, jelas dia.

Mahasiswa Angkatan 2017 itu mengaku aplikasi besutan HPMB Bandung tersebut akan mengedukasi masyarakat terkait Covid-19. Diharapkan pula melalui Info Corona, pemetaan lokasi ODP, PDP dan Suspect Covid-19 pada kedua daerah dapat lebih terperinci.

“Semoga bisa membantu mendapatkan informasi dan juga mengedukasi sih. Insya Allah, kalau masih diberi pengetahuan, juga bisa lebih terperinci beberapa hal untuk Bantaeng dan Bandung”, ungkap Butti.

Masyarakat dapat mengakses dan menggunakan aplikasi dimaksud dengan mengunduh langsung melalui link bit.ly/Covid19_HPMBBDG, aplikasi dikemas dengan format berekstensi (.apk). Terkait layanan informasi aplikasi, direct message bisa dilayangkan melalui akun Instagram HPMB Bandung. (*)

Read:  Kunjungi HPMB Bandung dan Yogyakarta, IA: Jangan Anggap Remeh Covid-19