Wagub NTB Terima Tim SDGs Center ITS Surabaya Bahas Smart Village

Audiens Smart Village.
Sitti Rohmi Djalilah (tengah) menerima Tim SDGs Center ITS Surabaya (20/01/20).

AMBAE.co.id – Mataram. Hj Sitti Rohmi Djalilah selaku Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima kunjungan Tim SDGs Center (Center of Sustainable Development Goals Studies) dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya di Ruang Kerjanya pada Senin (20/01/20).

Di Kantor Gubernur NTB yang berlokasi di Jalan Pejanggik Nomor 12, Pejanggik, Kecamatan Mataram, Kota Mataram itu audiens tim dipimpin Agnes Tuti Rumiati selaku Ketua SDGs Center ITS.

Agnes menyampaikan maksud kunjungannya karena ITS tertarik menjalin kerja sama dengan Pemprov NTB dalam hal Smart Village.

“Kita tertarik untuk menjalin kerja sama untuk mewujudkan Smart Village”, ungkapnya.

Digambarkan bahwa Smart Village merupakan konsep untuk menjadikan desa semakin baik melalui pelibatan Pemerintah, Industri, Akademisi serta seluruh elemen masyarakat dalam sebuah ekosistem bersama.

Read:  Isteri Nurdin Abdullah Coaching 28 Guru PAUD Untuk Diberangkatkan ke Jepang

Konsep ini dibutuhkan agar desa dapat mengetahui permasalahan yang ada yang diistilahkan sensing. Demikian pula understanding (bisa memahami kondisi permasalahan dimaksud).

Tak kalah pentingnya, desa dapat mengatur (controlling) beragam sumber daya untuk digunakan secara efektif dan efisien. Tentu agar bisa memaksimalkan pelayanan masyarakat di desa itu.

Rohmi pun menyambut baik rencana kerja sama tersebut. Harapannya agar potensi lain dapat pula dikerja samakan dengan ITS khususnya SDGs Center.

“Semoga kerja sama ini dapat segera terjalin dengan SDGs Center ITS. Selain Smart Village, banyak hal bisa dikerja samakan”, tuturnya.

Lanjut dikatakan Pemprov NTB saat ini konsen pada hal mitigasi bencana, kesehatan, zero waste, NTB hijau serta lingkungan. Dengan kerja sama yang terjalin nantinya, NTB diharapkan lebih baik dalam segala aspek dan sektor.

“Saya berharap ini segera dikomunikasikan instansi terkait untuk ditindak lanjuti”, tegas dia.

Rohmi menekankan pula agar Smart Village pada khususnya yang digagas itu tidak berhenti pada perencanaan saja. Harus ada action kata dia untuk NTB yang lebih baik lagi. (*)

Read:  Menyongsong Pemilu Serentak 2019, KPU Bantaeng Gelar Kemah Demokrasi