Dibalik Gunung Loka, Jum’at Bersih Bangkitkan Gotong Royong

Kades Bonto Lojong bersama warganya galakkan Jum'at Bersih.
Kegiatan Jum’at Bersih di Desa Bonto Lojong, Bantaeng (15/03/2019).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Gerakan Jum’at Bersih yang dicanangkan di Kabupaten Bantaeng sejak 10 tahun lalu kembali menggelora. Diprakarsai Kepala Desa Bonto Lojong, Kecamatan Ulu Ere, Muh Thamrin kegiatan ini diharapkan dapat terus dilaksanakan minimal tiap Jum’at.

Desa yang berada di sisi Utara Gunung Loka itu terus berbenah termasuk dalam hal kebersihan dan keindahan lingkungan. Untuk itu pada Jum’at pagi (15/03/19) Pemdes Bonto Lojong menggandeng Karang Taruna Kabut Raya, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Mahasiswa KKN UIN (Universitas Islam Negeri) Makassar membersihkan lingkungan sekitar desa.

“Kebersihan itu penting kita hadirkan, apalagi Desa Bonto Lojong masuk kawasan Agrowisata yang tiap harinya nyaris tak pernah sepi dikunjungi wisatawan”, jelasnya.

Thamrin mengakui jika masyarakatnya tergolong mapan dengan penghasilan jauh melampaui tingkat ekonomi umumnya. Dia menambahkan, masyarakat disana sehari-hari bekerja sebagai petani dengan penghasilan sebulan bisa mencapai ratusan hingga Milyaran Rupiah.

Read:  Hadiri Pengajian di Tanete Rilau, Ketua PKK Barru: Jaga Silaturahmi

Hal itu kemudian melahirkan sikap apatis warga untuk peduli terhadap lingkungan. Sehingga Thamrin mencoba membangun karakter peduli kepada warganya dengan terjun langsung menjadi teladan.

“Jum’at Bersih sejatinya adalah awal membiasakan untuk hidup bersih secara global. Dari situ kita berharap semua merasa memiliki tanggung jawab sama, misalnya ada sampah di depan rumah orang lain”, pungkasnya.

Read:  DP3A Dalduk dan KB SulSel Apresiasi Musrenbang Anak Sinjai Sebagai Wadah Pemenuhan Hak Anak

Kembali disampaikan bahwa dengan kegiatan itu akan tumbuh semangat gotong royong untuk menyelesaikan segala masalah secara bersama-sama. Sementara gotong royong kata dia bagian dari kearifan lokal yang harus terus dijaga. (*)