Nilai Anak Rentan Di Masa Pandemi, Bunda PAUD SulSel Siapkan Media Belajar Edukatif

Rapat bersama Pengurus Bunda PAUD SulSel di Rumah Jabatan Gubernur SulSel (23/06/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Hj Liestiaty F Nurdin selaku Bunda PAUD Sulawesi Selatan (SulSel) terus fokus pada upaya membangun potensi kritis dan kreatifitas anak usia dini di masa pandemi. Lies mengungkapkan, anak masuk dalam kategori yang rentan di masa ini, terlebih mereka tidak serta-merta memahami situasi pandemi serta seluruh konsekuensi perubahan yang harus dijalankan.

Perempuan yang lebih dari 30 tahun aktif dalam dunia pendidikan ini, mengatakan, perlu upaya untuk menanamkan pemahaman melalui media yang sederhana dan menyenangkan serta mampu menstimulasi dan mengedukasi anak mengenai pandemi COVID-19.

“Kami berupaya menciptakan media pembelajaran yang sederhana, menyenangkan serta mudah dipahami untuk mengedukasi anak di masa pandemi ini”, tegasnya usai menggelar rapat bersama Pengurus Bunda PAUD SulSel di Rumah Jabatan Gubernur SulSel, Selasa (23/06/20).

Lies bersama Pengurus Bunda PAUD SulSel membuat empat metode pembelajaran yang dinilai tepat bagi anak. Yakni melalui modul parenting, karya lagu serta aktifitas edutainment melalui media televisi yang dapat melibatkan guru PAUD untuk menuntun anak melakukan aktivitas kreatif selama di rumah.

“Kita ingin anak-anak mengerti apa itu virus COVID-19, apa yang harus kita lakukan, untuk itu kami bersama tim Bunda PAUD SulSel membuat modul parenting yang berguna di masa pandemi untuk orang tua, juga akan membuat cipta karya lagu anak, lewat lagu kita mensosialisasikan kebiasaan cuci tangan, pakai masker, jaga jarak kepada anak-anak”, ujar dia.

Kegiatan itu kata Lies, diharapkan mampu memberi stimulan yang positif kepada anak, membantu orang tua memberi pemahaman kepada anak dan mengisi waktu luang anak selama di rumah dengan kegiatan kreatif.

“Anak-anak pasti bertanya kenapa mereka di rumah terus. Ini kan harus dikasi pengertian, inilah kami mengedukasi melalui bacaan bergambar, lagu, serta aktifitas yang membantu motorik dan stimulan serta daya kreatif mereka selama di rumah”, tuturnya.

Kegiatan itu melibatkan Dinas Pendidikan serta Dinas Perpustakaan Daerah. Nantinya seluruh Bunda PAUD di SulSel juga akan dilibatkan. (*)